Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pelukis di PSLI XI Surabaya Berencana Bantu Korban Gempa Sulteng

Kompas.com - 11/10/2018, 12:34 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) XI kembali digelar di Surabaya selama 10 hari ke depan mulai Jumat (12/10/2018) besok. Dalam pameran tersebut, para pelukis juga akan menggalang bantuan dana untuk korban bencana di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

M Anis, Direktur PSLI mengatakan, para pelukis bersedia menyumbangkan separuh atau 50 persen dari hasil penjualan sebuah lukisan untuk korban bencana. "Nanti akan ada ruang pamer khusus untuk lukisan yang separuh harganya akan disumbangkan," katanya, Kamis (11/10/2018).

Sumbangan akan dititipkan kepada pelukis asal Sulawesi Tengah yang juga akan hadir sebagai peserta pameran lukisan. "Ide sumbangan ini inisiatif para seniman yang ikut PSLI sebagai bentuk kepedulian insan seni," jelasnya.

Baca juga: Hanya Relawan Asing yang Kantongi Izin yang Boleh Masuk ke Sulteng

PSLI yang sigelar di gedung Jatim Expo sendiri akan menghadirkan 140 seniman lukis dari berbagai aliran realis, lanskap, dekoratif, surealis, abstrak, dan sebagainya. Mereka adalah seniman dari seluruh daerah di Indonesia.

PSLI XI kata Anis mengusung tema umum yakni Pesona Indonesia. Tema tersebut sesuai dengan visi Kementerian Pariwisata karena PSLI sendiri masuk dalam 100 agenda budaya yang tercatat di Kementerian Pariwisata.

Selama 10 hari, PSLI diramaikan dengan berbagai agenda acara seperti, Live Music, melukis On The Spot di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelatihan peranting painting, seminar seni rupa, talk show dan sarasehan budaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com