Berkat Dana Desa, Kampung Ini Kuliahkan 1 Warga 1 Rumah

Kompas.com - 13/09/2018, 23:33 WIB
Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menghadiri rapat koordinasi Rancangan Perpres Reforma Agraria yang dipimpin langsung oleh Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution di kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (24/8/2018)

Dok. Humas Menko Bidang PerekonomianMenteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menghadiri rapat koordinasi Rancangan Perpres Reforma Agraria yang dipimpin langsung oleh Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution di kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (24/8/2018)

BENGKULU, KOMPAS.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, unjuk keberhasilan dana desa di Bengkulu.

Berkat dana desa, terdapat satu desa yang membut program satu rumah satu sarjana. 

"Kepala desa di Bengkulu Utara harus belajar ke Desa Ponggok. Nanti akan saya kirim 10 orang belajar ke sana," kata Eko saat mengunjungi Kabupaten Bengkulu Utara, Kamis (13/9/2018).

Eko menilai, Desa Ponggok begitu istimewa. Dana desa di sana dikelola dengan baik, sehingga memajukan daerahnya. Bahkan desa tersebut mampu membuat program 1 rumah 1 sarjana.

Baca juga: 79 Desa di Aceh Utara Belum Cairkan Dana Desa 2018

"Desa Ponggok cuma punya sumber mata air atau kolam renang bekas Belanda. Saat itu pendapatannya Rp 15 juta per tahun. Lalu desa ubah kolam itu menjadi unik. Dasarnya diberi terumbu karang, sepeda, motor, tv hingga menjadi destinasi wisaya unik," jelas Eko.

Dasar kolam renang juga kerap dijadikan lokasi pemotretan jelang pernikahan (preweding). Lokasi tersebut pun disulap menjadi pusat wisata. 

"Pendapatan desa melonjak mencapai Rp 13 miliar per tahun. Lalu dana itu mereka gunakan untuk pembangunan desa termasuk program 1 rumah 1 sarjana. Mereka danai warganya kuliah secara gratis tiap rumah 1 orang," jelas Eko.

Selain itu, desa juga mampu membiayai warga yang dianggap kurang mampu. Pidato menteri tersebut mengundang decak kagum ratusan hadirin dalam pertemuan itu.

Eko pun berharap, desa di Bengkulu Utara meniru langkah serupa agar kemakmuran desa dapat tercapai.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X