Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

79 Desa di Aceh Utara Belum Cairkan Dana Desa 2018

Kompas.com - 12/09/2018, 18:06 WIB
Masriadi ,
Khairina

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Sebanyak 79 desa dari 852 desa di Kabupaten Aceh Utara belum mencairkan dana desa.

Rinciannya, 76 desa belum mencairkan dana tahap kedua dalam tahun 2018 dan 3 desa bahkan belum mencairkan dana desa tahap pertama dan tahap kedua.

“Sampai September masih ada desa yang belum mencairkan dana pembangunannya. Dana bisa dicairkan jika laporan pertanggungjawaban sudah diserahkan ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah,” sebut Plt Kepala Dinas Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kabupaten Aceh Utara, Mawardi, Rabu (12/9/2018).


Dia menyebutkan, tahun ini, kabupaten itu menerima dana desa sebesar Rp 661, 6 miliar bersumber dari APBN sebesar Rp 562,2 miliar dan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara sebanyak Rp 99,3 miliar.


“Kami sudah imbau dan terus mendorong agar pencairan segera dilakukan. Apalagi ini mendekati akhir tahun, sehingga dana itu sepenuhnya bisa mendorong percepatan kemajuan desa,” terang Mawardi.

Baca juga: Kades Tersangka Korupsi Dana Desa Sakit-Sakitan di Lapas


Dia merincikan, dalam setahun tiga tahap pencairan dana desa yaitu tahap pertama sebesar 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 40 persen.

“Sebagian desa yang pro aktif sudah memasuki pencairan tahap tiga,”sebutnya.

Masing-masing desa mendapatkan dana sebesar Rp 600 juta hingga Rp 700 juta.

Sementara itu, Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib menyatakan, camat harus pro aktif membantu aparatur desa dalam wilayahnya untuk membuat laporan pertanggungjawaban dan mengontrol realisasi pembangunan.

“Sehingga dana itu benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Jangan main-main dengan dana itu, saya tegaskan camat penuh waktu menyelesaikan kendala pembangunan dana desa,” pungkasnya.

Kompas TV Di Madiun, Jawa Timur sebuah wisata pegunungan menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk menghabiskan akhir pekan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com