Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Terpopuler Nusantara, Korupsi DPRD Kota Malang hingga Kunjungan Prabowo di Lombok

Kompas.com - 06/09/2018, 05:30 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kasus korupsi massal anggot DPRD Kota Malang masih menjadi topik terpanas di Kompas.com pada hari Rabu (5/9/2018).

Kasus kecelakaan pesawat milik vokalis grup band Endang Soekamti, Erik Kristianto. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Lalu topik tentang puluhan mahasiswa Papua yang diamankan polisi karena diduga terlibat dengan kelompok gerakan Papua Merdeka juga menjadi trending.

Berikut 5 topik berita yang menjadi sorotan para pembaca.

1. Korupsi berjamaah anggota DPRD Kota Malang sisakan derita

Salah satu anggota DPRD Kota Malang dari 22 anggota DPRD Kota Malang yang resmi ditahan usai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mereka sebagai tersangka baru  terkait kasus dugaan suap pembahasan APBD-P Pemkot Malang Tahun Anggaran 2015, Senin (3/9/2018). KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN Salah satu anggota DPRD Kota Malang dari 22 anggota DPRD Kota Malang yang resmi ditahan usai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mereka sebagai tersangka baru terkait kasus dugaan suap pembahasan APBD-P Pemkot Malang Tahun Anggaran 2015, Senin (3/9/2018).

41 anggota DRPD Kota Malang ditahan dan hanya menyisakan 4 orang. Namun, satu anggota yang ditahan digantikan oleh anggota PAW, sehingga total masih ada lima anggota DPRD tersisa.

Dari lima anggota DPRD yang tersisa, dua di antaranya hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) dan tiga lainnya bukan anggota PAW.

Dua anggota PAW ini belum menjabat saat kasus korupsi yang ditangani KPK terjadi tahun 2015 sehingga dipastikan tidak terlibat.

Dua anggota PAW tersebut yakni Abdurrochman dari fraksi PKB yang merupakan hasil PAW dari Rasmuji yang meninggal dunia. PAW Rasmuji ke Abdurrochman terjadi tahun 2017.

Baca berita selengkapnya: Pascakorupsi Massal, Ada 5 Anggota DPRD Kota Malang yang Tersisa, Begini Kondisinya

2. Vokalis Endank Soekamti alami kecelakaan pesawat

Peswat jatuh pekarangan rumah warga di dusun Gading 1 RT12, Rw 01, Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Selasa (4/9/2018) petangKompas.com/Markus Yuwono Peswat jatuh pekarangan rumah warga di dusun Gading 1 RT12, Rw 01, Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Selasa (4/9/2018) petang

Erik Kristianto (36) atau dikenal dengan nama Erix Soekamti adalah kopilot pesawat ultralight tipe Sky Ranger PK S160 yang jatuh di sebuah pekarangan rumah warga di Dusun Gading, Gunung Kidul, pada Selasa (4/9/2018) petang.

Pria yang merupakan vokalis band Endank Soekamti ini mengunggah kecelakaan tersebut di Story Instagram dan menyampaikan dirinya baik-baik saja.

"Yang di pesawat saudara Alan (Faslan) sebagai pilot dan Erix sebagai kopilot. Iya betul, Erix Soekamti," ujar Ketua Jogja Flying Club, Tjandra Agus Budiman dalam jumpa pers di Ruang Pentak TNI AU, Selasa (4/9/2018).

Baca berita selengkapnya: Pesawat yang Jatuh di Gunung Kidul Milik Vokalis Band Endank Soekamti

3. Diduga simpatisan Gerakan Papua Merdeka, Puluhan mahasiswa diamankan polisi

34 orang saat digelandang ke Mapolres jayapura Kota untuk dimintai keterangannya atas aksi  dukungan terhadap Gerakan Pembebasan West Papua yang dilaksanakan di halaman salah satu kampus di Abepura, Selasa (4/9) siang.KOMPAS.com/ JHON ROY PURBA 34 orang saat digelandang ke Mapolres jayapura Kota untuk dimintai keterangannya atas aksi dukungan terhadap Gerakan Pembebasan West Papua yang dilaksanakan di halaman salah satu kampus di Abepura, Selasa (4/9) siang.

34 orang mahasiswa diamankan aparat kepolisian dari halaman depan kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ), Selasa (4/9/2018) siang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com