Berkarung-karung Sampah Plastik Diangkat dari Kedalaman Teluk Gorontalo

Kompas.com - 19/08/2018, 17:29 WIB
Para penyelam mengangkat sampah plastik dari dasar Teluk Gorontalo ke permukaan sebelum dibawa ke tempat pengolahan akhir. KOMPAS.COM/ROSYID AZHAR Para penyelam mengangkat sampah plastik dari dasar Teluk Gorontalo ke permukaan sebelum dibawa ke tempat pengolahan akhir.

GORONTALO, KOMPAS.comSampah plastik berkarung-karung diangkat para penyelam dari kedalaman teluk Gorontalo. Selain sampah plastik, juga banyak kaleng dan botol gelas dikumpulkan dalam aksi membersihkan teluk tersebut.

Para  penyelam sejak siang sudah menyiapkan peralatan untuk membersihkan teluk Gorontalo dari sampah. Peralatan selam lengkap, keranjang plastik dan karung dibawa menyelam ke dasar teluk yang juga menjadi muara sungai-sungai besar Gorontalo.

"Kebanyakan sampah plastik sekali pakai, juga kaleng," kata Rantje Allen, penyelam asing yang ikut kegiatan ini, Minggu (19/8/2018).

Para penyelam memunguti sampah satu persatu dan menaruhnya dalam karung atau kotak yang sudah disiapkan.


Baca juga: Jakarta Produksi 1.900-2.400 Ton Sampah Plastik Per Hari

Untuk mengumpulkan sampah ini, Rantje bersama timnya menyelam hingga kedalaman 18 meter.

Menjelang sore, para penyelam membawa berkarung-karung sampah ini ke permukaan dan menyeretnya ke pantai. Satu karung sampah basah ini memang berat, untuk menyeretnya diperlukan dua orang agar bisa dipindahkan.

Angin timur yang kencang dan menimbulkan ombak tidak mempengaruhi semangat mereka. Sampah ini kemudian diangkut ke tempat penampungan akhir.

Bersih-bersih sampah laut ini adalah salah satu kegiatan Pandu Laut Nusantara yang dilaksanakan di Pantai Tamboo, Leato, Kota Gorontalo. Kegiatan ini serentak dilakukan di puluhan lokasi di seluruh Indonesia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X