Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Lengser, Soekarwo Ciptakan Lagu Mars Untuk Jawa Timur

Kompas.com - 18/08/2018, 06:47 WIB
Achmad Faizal,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Menjadi inspektur upacara HUT RI terakhir di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (17/8/2018), Gubernur Jawa Timur Soekarwo memberi kenang-kenangan untuk provinsi yang dipimpinnya hampir 10 tahun terakhir berupa lagu mars.

Lagu mars Jawa Timur ciptaan Soekarwo dinyanyikan tim paduan suara di sela-sela upacara HUT RI ke-73 di Gedung Negara Grahadi. "Yang nulis liriknya saya, dibantu isteri yang paham nada dan aransmen musiknya" kata Soekarwo.

Selama ini kata dia, Provinsi Jawa Timur memang belum memiliki lagu mars dan hymne yang dinyanyikan dalam acara-acara tertentu. Lagu tersebut kata Soekarwo berisi ungkapan jiwa tentang masyarakat Jawa Timur yang berkarakter pekerja keras dan petarung, membangun Jawa Timur ke depan, dengan tetap berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Lagu tersebut diciptakannya selama 3 bulan terakhir. "Lagunya dibuat lagu semangat dengan nada 4/4. Tapi masih perlu banyak penyempurnaan," ujarnya.

Lagu mars tersebut nantinya akan ditetapkan melalui regulasi Peraturan Gubernur Jatim agar bisa menjadi lagu mars resmi yang dimiliki Provinsi Jatim.

Tahun ini adalah tahun terakhir Soekarwo memimpin Provinsi Jawa Timur. Maret tahun depan, kursi Gubernur akan berpindah ke Khofifah Indar Parawansah yang memenangkan Pilkada Jatim 2018 bersama Emil Elistyanto Dardak wakilnya.

Soekarwo dan Saifullah Yusuf memimpin Jawa Timur selama 2 periode terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com