Pindad Uji Daya Gerak "Medium Tank" di Berbagai Medan - Kompas.com

Pindad Uji Daya Gerak "Medium Tank" di Berbagai Medan

Kompas.com - 10/08/2018, 16:43 WIB
PT Pindad melakukan uji daya gerak atau mobilitas medium tank hasil pengembangannya bersama FNSS Turki pada 7-16 Agustus 2018.Dok Pindad PT Pindad melakukan uji daya gerak atau mobilitas medium tank hasil pengembangannya bersama FNSS Turki pada 7-16 Agustus 2018.

MAGETAN, KOMPAS.com - PT Pindad melakukan uji daya gerak atau mobilitas medium tank hasil pengembangannya bersama FNSS Turki pada 7-16 Agustus 2018.

Uji daya gerak ini meliputi uji jelajah on road, off road, lintas pasir, ketahanan 3 x 24 jam, dan lainnya.

"Rute yang dilalui dari Bandung menuju Subang, Sarangan, Yogyakarta, Kebumen, dan kembali ke Bandung," ujar VP Quality Assurance & K3LH PT Pindad Isrady Sofiansyah di Magetan, Jumat (10/8/2018).

Isrady menjelaskan, uji ini bertujuan untuk mengetahui performa mobilitas kemampuan medium tank dalam kondisi baik serta memenuhi persyaratan dan spesifikasi desain. Rangkaian uji ini pun menjadi bagian sertifikasi yang dilaksanakan Dislitbangad.

Baca juga: Pindad Ledakkan Satu Unit Medium Tank

Setelah uji daya gerak, akan dilakukan uji daya gempur pada 27-30 Agustus 2018. Rangkaian uji tersebut memenuhi syarat dan spesifikasi yang dipunyai TNI untuk melengkapi Kemampuan Unjuk Kerja Teknis dari medium tank.

Setelah rangkaian uji ini selesai, medium tank diharapkan bisa mengisi kebutuhan TNI akan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang modern.

"Kalau semua uji selesai akhir tahun ini, tahun depan sudah masuk ke produksi dan 2019 sudah bisa memenuhi kebutuhan TNI," pungkasnya.

Tank Medium Pindad memiliki bobot tempur 32 ton, daya engine 711 HP dilengkapi transmisi otomatis, kecepatan maksimal 70 km/jam.

Medium tank ini dapat menampung 3 orang kru yang terdiri dari komandan, penembak, dan pengemudi, serta memiliki senjata utama turret kaliber 105 mm yang memiliki daya hancur besar.


Close Ads X