Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semburan Air Disertai Gas Setinggi 30 Meter Gegerkan Warga

Kompas.com - 06/08/2018, 12:48 WIB
Muhlis Al Alawi,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

NGAWI, KOMPAS.com - Semburan air disertai gas setinggi 30 meter menggegerkan warga Dusun Weru, Desa Sidolaju Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Minggu (5/8/2018).

Kasubag Humas Polres Ngawi AKP Eko Setyo Martono memgatakan, semburan terjadi di salah satu sawah warga di Desa Sidolaju.

"Semburan air disertai gas terjadi di sawah milik Mujiono yang terletak di Dusun Weru, Desa Sidolaju, Kecamatan. Widodaren. Dari sumur sawah tersebut menyembur ke atas campuran antara gas, air dan material tanah (pasir dan batuan kerikil)," ujar Eko saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu.

Awalnya, lanjut Eko, semburan air dan gas mencapai tinggi 30 meter. Saat ini, semburan sudah mulai stabil antara 5 meter-10 meter.

Berdasarkan keterangan warga, sumur sawah tersebut mempunyai kedalaman 80 meter dan dibuat sudah satu tahun yang lalu.

Sebelum ada semburan, penggunaan sumur sampai kemarin berjalan normal seperti biasa dengan material yang keluar hanya air dan sedikit pasir.

Kejadian semburan air disertai gas, lanjut Eko, bermula saat Muji hendak mengairi sawah miliknya dengan menyalakan pompa sibel sumur miliknya. Sesaat kemudian, tiba-tiba sumur menyemburkan air yang bercampur gas dan material tanah.

"Akibat semburanya yang kuat, pipa penampung air terlepas, dan air memancar ke atas," kata Eko.

Eko menambahkan, kejadian sumur gas yang memancar di wilayah Sidolaju sudah pernah terjadi beberapa kali. Bahkan semburanya sempat terbakar hingga menyebabkan api berkorbar sampai beberapa waktu.

Kabar air disertai gas menyembur di Sidolaju menimbulkan antusiasme warga untuk menonton. Tidak ada korban jiwa dan korban luka dalam peristiwa itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com