Bobot Bocah Arya Permana Turun hingga 91 Kg, Ini Rahasianya

Kompas.com - 24/07/2018, 13:05 WIB
Arya Permana yang sempat dijuluki bocah tergemuk di dunia. KOMPAS.com/Farida FarhanArya Permana yang sempat dijuluki bocah tergemuk di dunia.

KARAWANG, KOMPAS.com - Masih jelas di ingatan, bocah Arya Permana menghiasi pemberitaan berbagai media massa karena obesitas yang dialaminya. Dua tahun lalu, beratnya mencapai 192 kilogram.

Ketika ditemui kembali, Senin (23/7/2018), berat badan Arya sudah turun banyak, 91 kilogram. Beratnya kini 101 kilogram.

Pipinya semakin tirus dan dia semakin bersemangat melakukan sejumlah aktivitas, sebut saja jalan sejauh 2 kilometer dan mengendarai sepeda motor.

Baca juga: Beratnya Turun 91 Kg, Bocah Arya Permana Ingin Jadi Pilot dan Pemain Bola

Bocah yang kini duduk di kelas VI SDN Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, itu juga semakin sering tersenyum dan tertawa.

Berikut ini tiga langkah yang ditempuh Arya:

 

Sejumlah tim dokter membawa Arya Permana (10), anak dengan severe obesity atau kegemukan yang amat sangat untuk dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, Jawa Barat, Senin (11/7/2016). Arya Permana, yang berasal dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tersebut mendapat perawatan selama beberapa waktu untuk memeriksa kesehatan serta melakukan proses penurunan berat badannya yang mencapai 190 kg.KOMPAS/NOVRIAN ARBI Sejumlah tim dokter membawa Arya Permana (10), anak dengan severe obesity atau kegemukan yang amat sangat untuk dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, Jawa Barat, Senin (11/7/2016). Arya Permana, yang berasal dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tersebut mendapat perawatan selama beberapa waktu untuk memeriksa kesehatan serta melakukan proses penurunan berat badannya yang mencapai 190 kg.

1. Jauhi yang manis

"Mengurangi porsi makan dan minuman atau makanan manis," kata Arya sambil tersenyum.

Itu jawabah pertama Arya saat ditanya. Arya mengaku senang melakukannya. Hal ini juga diamini oleh ayahnya, Ade Somantri, ayah Arya.

"Dulu dalam sehari semalam Arya menghabiskan 20 gelas minuman buah. Satu minggu bekas gelasnya bisa satu karung," katanya.

Baca juga: Arya Permana, Berjuang Turunkan Berat Badan 150 Kilogram

Arya Permana, bocah berusia 10 tahun asal Cipurwasari, Karawang, Jawa Barat, memiliki berat hingga 140 kilogram.Tribun Jateng/Galih Permadi Arya Permana, bocah berusia 10 tahun asal Cipurwasari, Karawang, Jawa Barat, memiliki berat hingga 140 kilogram.

2. Jaga pola makan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X