Tiba di Yogyakarta, Api Obor Asian Games Dikawal 5 Pesawat Tempur

Kompas.com - 17/07/2018, 12:08 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna membawa Api Obor Asian Games yang diambil dari India ditemani Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan mantan pebulutangkis Susi Susanti menuju Museum Pusat Angkatan Udara Mandala Yogyakarta, Selasa (17/7/2018). KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMA Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna membawa Api Obor Asian Games yang diambil dari India ditemani Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan mantan pebulutangkis Susi Susanti menuju Museum Pusat Angkatan Udara Mandala Yogyakarta, Selasa (17/7/2018).

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Lima pesawat tempur T-50 Golden Eagle milik TNI AU mengawal kedatangan Api Obor Asian Games 2018 di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta, Selasa (17/7/2018). 

Api dari India tersebut kemudian dikawal menuju museum Pusat Angkatan Udara Mandala Yogyakarta oleh Pasukan Bregodo dari Keraton Ngayogyakarta. 

Acara kedatangan Api Obor Asian Games 2018 di Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta berlangsung meriah. Sebelum pesawat Boeing 737 400 milik TNI AU yang membawa api obor dari India tiba, digelar tarian barongsai dan tarian tradisional Sekar Pujiastuti.

Pada pukul 08.00 WIB, pesawat Boeing 737 400 milik TNI AU yang membawa api obor dari India dengan dikawal lima pesawat tempur T-50 Golden Eagle milik TNI AU tiba di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta.

Baca juga: Besok, Obor Asian Games 2018 Mendarat di Yogyakarta

 

Atlet peraih medali emas bulu tangkis Olimpiade 1992 Susi Susanti tampak turun membawa api dari India turun dari pesawat.

Kedatangan Api Obor Asian Games 2018 disambut Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan Erick Thohir selaku Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc).

Susi Susanti kemudian menyerahkan Api Obor Asian Games 2018 dari India ke Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Setelah api obor diserahkan, Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang membawa Api Obor Asian Games 2018 ditemani Sri Sultan HB X dan Susi Susanti menaiki mobil Jeep Wrangler Rubicon menuju museum Pusat Angkatan Udara Mandala Yogyakarta dikawal Pasukan Bregodo.

Baca juga: Masyarakat Bisa Lihat Obor Asian Games 2018 di Keraton Ngayogyakarta

Di sepanjang perjalanan menuju museum tampak anggota Polri dan TNI serta para pelajar berjajar. Mereka melambaikan bendera merah putih saat rombongan Api Obor Asian Games 2018 lewat.

Sesampainya di depan museum, Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyerahkan Api Obor Asian Games 2018 yang diambil dari India kepada Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Novyan Samyoga.

Selanjutnya, Novyan Samyoga membawa Api Obor Asian Games 2018 ke dalam museum. Api yang diambil dari India ini akan diinapkan satu malam sebelum disatukan dengan Api Abadi dari Mrapen, Jawa Tengah, di Candi Prambanan pada Rabu (18/07/2018).

Baca juga: Di Sini Lokasi Api Obor Asian Games Disatukan 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X