Tak Terima Hasil Rekapitulasi, Pendukung Calon Tunggal Tabrakkan Truk ke Kawat Berduri

Kompas.com - 06/07/2018, 21:34 WIB
Pembukaan kotak surat suara setiap kecamatan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan dan Penetapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2018.KOMPAS.com/Hendra Cipto Pembukaan kotak surat suara setiap kecamatan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan dan Penetapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2018.

MAKASSAR, KOMPAS.com – Saat rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilkada Makassar di Hotel Max One, pendukung calon tunggal Munafri Arifuddin-Andi Rahmatika Dewi (Appi-Cicu) berusaha menerobos kawat polisi, Jumat (6/7/2018) malam.

Ratusan pendukung Appi-Cicu berusaha menerobos barikade kawat berduri dengan menabrakkan mobil truk yang dibawanya.

Akhirnya aparat kepolisian mengamankan 4 orang pendukung Appi-Cicu yang diduga provokator.

Pendukung Appi Cicu itu pun terlihat membawa senjata tajam, bahkan menembakkan petasan ke ratusan aparat yang berjaga mengawal jalannya rapat pleno KPU Makassar.


Baca juga: Pendukung Calon Tunggal dan Kotak Kosong Bentrok di Makassar

Massa pendukung Appi-Cicu tidak terima dengan hasil perhitungan suara yang tengah berjalan. Di mana kotak kosong unggul di 9 dari 15 Kecamatan di Kota Makassar.

Dari 9 Kecamatan di Kota Makassar yang telah rampung rekapitulasi perhitungan suara, paslon Appi-Cicu hanya menang di satu Kecamatan.

Sedangkan 8 Kecamatan, suara rakyat memilih kotak kosong.

Wakil Kepala Polrestabes Makassar, AKBP Hotman Sirait menggunakan pengeras suara memerintahkan anggotanya agar memeriksa urine keempat pendukung Appi-Cicu yang diamankan.

“Periksa urine massa yang diamankan, jangan sampai terlibat narkoba. Saya minta massa lain mundur dan jangan berbuat anarkis. Kami tidak segan-segan menindak tegas orang yang berupaya pengacaukan rapat pleno dan berbuat keonaran,” tegasnya.

Saat ini, massa pendukung Appi-Cicu dan ratusan aparat kepolisian tengah berhadap-hadapan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X