Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uu Ruzhanul: Jas Hijau, Jangan Sekali-kali Hilangkan Jasa Ulama

Kompas.com - 22/06/2018, 21:30 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon wakil gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Uu Ruzhanul Ulum menilai jika nilai-nilai Pancasila tak bisa lepas dari kontribusi para ulama.

Hal itu dikatakan saat menanggapi pertanyaan panelis tentang keterkaitan ideologi agama dalam kehidupan pada debat ketiga Pilgub Jabar 2018 di Grand Ballroom Sudirman, Bandung, Jumat (22/6/2018).

"Pancasila dilahirkan tokoh agama Islam, Nasrani, Buddha, Hindu. Kami percaya yang melahirkan Pancasila para ulama karena ulama adalah pewaris para nabi dan kepercayaan para rasul," tutur Uu.

"Maka kita selalu Jas Hijau yang artinya jangan sekali-kali hilangkan jasa ulama," tambahnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Warga Jawa Barat Kurang Bahagia

Dalam kondisi saat ini, Uu berpendapat, nilai agama dan Pancasila sudah tak perlu diperdebatkan lagi.

"Sebenarnya antara agama dan Pancasila tidak usah diperdebatkan, sudah final. Lebih baik kita bicara konsep pembangunan yang merata supaya rakyat sejahtera," ungkapnya.

Dalam pembangunan nilai agama dan Pancasila di masyarakat, Uu berkomitmen meningkatkan aktivitas di tempat ibadah untuk menyebarkan nilai kebaikan agama dan ideologi Pancasila.

"Dalam misi Rindu, pertama membentuk manusia Pancasila yang berdakwah melalui peningkatan masjid dan tempat ibadah. Orang yang beragama pasti berpancasila, orang berpancasila pasti beragama," jelasnya. 

Kompas TV Bagaimana hasil survei Litbang Kompas tentang elektabilitas pasangan calon di Pilgub Jawa Barat?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com