Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Sebut Warga Jawa Barat Kurang Bahagia

Kompas.com - 22/06/2018, 20:33 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil menyebut masyarakat Jabar kurang bahagia kendati progres infrastruktur cukup berkembang.

Sebab, pria yang akrab disapa Emil itu menilai, pembangunan infrastruktur di Jabar tak diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Warga Jawa Barat juga tersurvei kurang bahagia," ujar Emil dalam debat ketiga Pilkada Jabar di Grand Ballroom Sudirman, Bandung, Jumat (22/6/2018).

"Indeks kebahagiaan warga Jawa Barat berada di ranking 30 dari 34 provinsi, karena selama ini hanya fokus pada pembangunan fisik tapi kurang pada pembangunan SDM," tuturnya.

Baca juga: Prabowo Hadiri Debat Pilkada Jabar 2018

Jika terpilih nanti, Emil berkomitmen untuk merancang program peningkatan kualitas SDM seperti merancang kota dan kabupaten ramah perempuan dan anak.

"Kita ada program ibu-ibu memberantas KDRT, memberantas perdagangan perempuan, memberi akses ekonomi pada perempuan, ada creative center untuk anak muda, dan juga program untuk lansia," tuturnya.

Selain itu, dalam visi misinya ia juga berjanji akan membangun program yang pro terhadap kaum disabilitas dan lansia.

"Khusus untuk lansia, kami akan gratiskan semua untuk urusan lansia. Kami ingin jadikan Jabar juara lahir batin. Untuk pemudanya, Rindu akan bangun creative center tempat bagi anak muda berinovasi dan mengembangkan diri," jelasnya. 

Kompas TV Keduanya menjanjikan untuk mengedepankan produk inovatif dalam proses pembangunan di Jabar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com