Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Tersangka Pembunuh Sopir Taksi "Online" di Palembang Ditolak Keluarga

Kompas.com - 20/06/2018, 19:45 WIB
Aji YK Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Selatan memakamkan jenazah Bambang Kurniawan (25) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kamboja, Palembang, Sumatera Selatan, setelah tersangka perampokan disertai pembunuhan terhadap sopir taksi online M Aji Saputra (25) itu ditembak mati petugas.

Pemakaman Bambang dilakukan polisi di TPU Kamboja dikarenakan pihak keluarga dari tersangka ini enggan menerima tersangka untuk dikebumikan di kawasan Kalidoni Palembang, yang merupakan tempat tinggal tersangka.

Hal itu dibenarkan Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Yoga Baskara, saat dikonfirmasi, Rabu (20/6/2018).

Baca juga: Rekonstruksi Ungkap Alur Pembunuhan Sadis terhadap Sopir Taksi Online di Palembang

Yoga mengatakan, setelah Bambang ditembak mati pada Sabtu (16/6/2018) kemarin, pihak polisi langsung menghubungi keluarga Bambang.

"Tetapi, pihak keluarga malu dan tidak mau mengambil jenazahnya untuk dimakamkan. Jadi, terpaksa kami langsung makamkan pada Senin kemarin,” kata Yoga, Rabu (20/8/2018).

Yoga mengatakan, Bambang tewas ditembak karena berusaha melawan petugas saat dilakukan penangkapan di areal perkebunan di Kabupaten Muratara beberapa waktu lalu. Dalam kasus ini, Bambang berperan menghabisi nyawa Aji hingga tewas dengan menggunakan obeng.

Baca juga: Keluarga Sopir Taksi Online: Hukum Mati Saja Pak, Jangan Dilindungi

Untuk tersangka Willy dan Yogi yang ditangkap hidup, petugas menjerat dengan Pasal 365 KUHP tentang perampokan disertai kekerasan serta pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

“Dari pemeriksaan mendalam terhadap tersangka Willy baru diketahui jika dia anak di bawah umur dan usianya masih 18 tahun. Karena masih di bawah umur, proses hukumnya dipercepat, begitu juga nanti untuk sidang dilakukan peradilan anak,” ujar dia.

Kompas TV Aparat Polsek Palmerah, Jakarta Barat, menggagalkan upaya perampokan terhadap taksi online di kawasan Kota Bambu Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com