Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Seberat 31 Kg Disita di Bandara, Ternyata Isinya Kulit Ular dan Biawak

Kompas.com - 02/06/2018, 17:43 WIB
Idon Tanjung,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Paket berisi kulit ular dan biawak seberat 31,3 kilogram diamankan oleh petugas Absec Operator X-Ray Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, Jumat (1/6/2018).

Pada kedua paket ditemukan kertas resi tertulis berisi pakaian yang akan dikirimkan ke Jakarta menggunakan pesawat Citilink QG 937.

Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional SSK II Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait mengatakan, pengiriman paket kulit ular dan biawak ditemukan di kargo milik ekspedisi J&T tujuan Jakarta.

"Temuan barang kiriman kargo tidak sesuai dengan pemberitahuan tentang isi/PTI berupa kulit hewan dengan nomor SMU 888-2159-9911 via Citilink QG 937 CGK tujuan Jakarta, keterangan isi kain," kata Jaya.

Terkait temuan itu, pihak bandara langsung menghubungi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

"Semua kulit hewan sudah kami serahkan ke BBKSDA Riau untuk tindakan selanjutnya," kata Jaya.

Dia menjelaskan, temuan paket berisi kulit ular dan biawak berawal dari kecurigaan petugas Avsec Operator X-Ray, karena ada tampilan aneh di layar monitor.

"Setelah dilakukan pengecekan secara manual, petugas melihat isi paket kulit hewan dua koli dengan berat 31,3 kilogram. Selanjutnya kita serahkan ke BBKSDA Riau," ucap Jaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com