Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Pancasila Rumah Kita yang Ber-Bhineka Tunggal Ika

Kompas.com - 01/06/2018, 21:37 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menyebut Pancasila sarat akan nilai-nilai keragaman dan toleransi. Menurut dia, Pancasila adalah rumah bagi bangsa Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

"Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika," kata Risma, Jumat (1/6/2018).

Baca juga: Berbusana Jawa, Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Di mata Risma, Pancasila merupakan sebuah harmonisasi kehidupan. Artinya, manusia tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu, sangat perlu sebuah sikap toleransi dan saling menghormati sebuah perbedaan.

Risma pun mengajak seluruh elemen masyarakat agar menjadikan momentum Hari Kelahiran Pancasila, sebagai momentum saling menjaga persatuan dan saling bertoleransi.

Dalam Pancasila, kata Risma, sudah diatur lengkap bagaimana hubungan dengan Tuhan maupun sesama manusia. Di dalam Pancasila juga terkandung sebuah hubungan yang membuat masyarakat bisa maju dan sejahtera.

Baca juga: Para Tokoh di Balik Lahirnya Pancasila

Karena itu, dia meminta warga Surabaya untuk tidak hanya menghafal sila-sila Pancasila. Warga juga perlu meresapi dan mengamalkan nilai-nilai ajaran yang ada dalam Pancasila.

"Jangan hanya sekedar menghafalkan Pancasila, mari kita resapi nilai-nilai ajarannya," ucap Risma. 

Kompas TV Kita Pancasila, Bersatu, Berbagi, Berprestasi, menjadi tema peringatan hari Lahir Pancasila tahun ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com