Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenakan Pakaian Adat Ende, Mendagri Pimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Kompas.com - 01/06/2018, 07:37 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Farid Assifa

Tim Redaksi

ENDE, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memimpin upacara bendera hari kelahiran Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (1/6/2018).

Saat memimpin upacara, Tjahjo Kumolo mengenakan pakaian adat Ende Lio (Suku Lio terbesar di Kabupaten Ende).

Selain Thahjo, sejumlah pejabat lainnya yang hadir juga mengenakan pakaian adat Ende Lio, yakni Gubernur NTT Frans Lebu Raya dan Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno.

Hadir dalam upacara itu, sejumlah pejabat dari Kementerian Dalam Negeri, rektor IPDN, Pejabat Kementerian Tenaga Kerja, pejabat Provinsi NTT, pejabat Kabupaten Ende dan ribuan warga Ende

Untuk diketahui, Menteri Tjahjo Kumolo akan memimpin langsung upacara hari lahirnya Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Jumat.

Baca juga: Ende, Tempat Soekarno Merenungkan Pancasila

Setelah selesai upacara, akan dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan KTP Elektronik secara simbolis oleh Mendagri kepada tujuh orang perwakilan masyarakat Kabupaten Ende yang lahir pada tanggal 1 Juni.

Setelah itu, Menteri Tjahjo Kumolo beserta rombongan akan meninjau tempat perenungan Bung Karno dan rumah pengasingan Bung Karno.

Baca juga: Mendagri: Bung Karno Menggali Pancasila dari Kota Ende

Selain itu juga akan ada penyerahkan alat sekolah oleh Mendagri dan ibu Erni Guntarti Tjahjo Kumolo selaku Ketua Umum TP PKK. Selanjutnya penandatanganan prasasti peresmian patung Bung Karno.

Kompas TV Megawati pun meminta Jokowi untuk tidak merespon berlebihan terkait urusan ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com