Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Usut Penyebar "Screenshot" Meme Rizieq Shihab dan Amien Rais

Kompas.com - 23/05/2018, 20:10 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Ketua DPRD Karawang Toto Suripto meminta Polres Karawang mengusut tuntas kasus pengeroyokan Hitler Nababan, sekaligus beredarnya meme Amien Rais dan Rizieq Shihab.

"Siapa yang menyulut isu harus diusut. Siapa yang mengeluarkan screenshoot (tangkapan layar) foto tersebut (dan menyebarkan) ke luar dan kenapa bisa bocor ke media, harus diusut," ujar Toto saat ditemui usai mediasi kasus pemukulan Hitler serta meme Rizieq Shihab dan Amien Rais, di Mapolres Karawang, Rabu (23/5/2018). 

Toto mengatakan, Hitler sendiri sudah meminta maaf beberapa saat setelah mengunggah meme tersebut di grup Banggar DPRD Karawang. Ia bahkan menyebut peristiwa tersebut sudah rampung satu bulan lalu.

"Hitler sudah ditegur dan meminta maaf. Kenapa sekarang ramai lagi? Itu biang keladinya," kata Toto. 

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu menyebut, malam ini Badan Kehormatan (BK) DPRD Karawang dan unsur pimpinan akan menggelar rapat untuk membahas masalah tersebut.

Baca juga: Demokrat Karawang Minta Maaf soal Meme Rizieq Shihab dan Amien Rais

Sementara itu, Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengungkapkan, pihaknya akan menyelesaikan kasus Hitler hingga tuntas.

"Kita usut semua baik pelaku pemukulan dan pelaku yang menyebarkan screenshoot meme yang diunggah Hitler ke luar," kata Slamet.

Slamet menyebut, pihaknya sudah mengantongi sejumlah keterangan dan informasi bukti dugaan penyebaran tangkapan layar meme yang diunggah di grup WhatsApp Banggar DPRD Karawang itu.

"Kita sudah dapat beberapa info dan keterangan," tambahnya.

Ia menyebut, pihaknya tengah mendalami dan mengidentifikasi kasus tersebut.

"Jika ada bukti tersangka lain akan kita proses. Kita akan umumkan pada waktunya," tutupnya.

Sebelumnya, seorang anggota DPRD Karawang, Hitler Nababan diamuk massa di Ruang Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Gedung Paripurna DPRD setempat, Selasa (22/5/2018).

Baca juga: Gara-gara Meme Rizieq Shihab dan Amien Rais, Anggota DPRD Babak Belur Dihajar Massa

Aksi tersebut dipicu meme Mantan Ketua MPR RI Amien Rais membonceng Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di atas kompresor berkenalpot, yang diunggah Hitler di grup WhatsApp Banggar DPRD Karawang. Pada meme itu, Habib Rizieq mengenakan pakaian yang kurang pantas.

Kompas TV Bagaimana proses mediasi untuk penyelesaian masalah insiden pengeroyokan anggota DPRD Karawang?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com