Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, Harga Elpiji 3 Kg di Pasangkayu Tembus Rp 30.000

Kompas.com - 22/05/2018, 08:21 WIB
Junaedi,
Reni Susanti

Tim Redaksi

PASANGKAYU, KOMPAS.com – Memasuki Ramadhan, harga elpiji 3 kg di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, menembus angka Rp 30.000 per tabung.

Selain harga melambung tinggi, elpiji sulit didapat. Alhasil kini warga resah dan kelimpungan mencari elpiji bersubsidi itu. 

Basri, salah satu pemilik pangkalan elpiji mengatakan, normalnya harga elpiji Rp 17.500 per tabung. Namun kini meroket hingga Rp 30.000 per tabung terutama di tingkat pengecer. 

Saat ini, sambung Basri, jatah pangkalan dikurangi oleh distributornya dari 500 menjadi 300 tabung. Pengurangan jatah ini membuat kebutuhan pelanggan tidak bisa dipenuhi.

Bahkan saat ini, pasokan elpiji di pangkalan miliknya masih kosong. 

Baca juga: Status Gunung Merapi Dinaikkan Jadi Waspada

"Jatahnya dikurangi sekitar 40 persen dari biasanya. Makanya banyak pelanggan yang datang kerap kecewa karena tidak kebagian tabung,” ungkap Basri, Selasa (22/5/2018). 

Meski sejumlah pangkalan menaikkan harga hingga Rp 30.000 karena tingginya permintaan, pangkalan milik Wahidah masih menerapkan harga yang ditetapkan pemerintah, Rp 17.500.

"Meski di tempat lain mahal, Kalau saya masih tetap jual Rp 17.500 per tabung sesuai ketentuan pemerintah,” jelas Wahidah, pemilik pangkalan.

Ia berharap pemerintah maupun Pertamina segera mengambil tindakan. Sebab warga di Kabupaten Pasangkayu mulai geram dengan ulah pengecer yang seenaknya menaikkan harga. 

Kompas TV Tabung gas Elpiji 3 Kg naik harga menjadi 28.000 rupiah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com