Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Said Aqil Perkuat Posisi Cak Imin sebagai Cawapres Jokowi

Kompas.com - 16/03/2018, 21:16 WIB
Reni Susanti

Editor

CILACAP, KOMPAS.com - Dukungan yang diberikan KH Said Aqil Siradj kepada Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk maju mendampingi Joko Widodo (Jokowi) sebagai cawapres, dinilai memperkuat posisi Cak Imin.

Pasalnya saat ini, terjadi kompetisi figur-figur yang akan mendampingi Cak Imin. Dengan dukungan Said Aqil, posisi Cak Imin sebagai representasi kaum Nahdliyyin semakin kokoh.

"Dukungan KH Said Aqil Siradj kepada Cak Imin sangat penting bagi Cak Imin bahkan PKB secara keseluruhan," ujar Direktur Said Aqil Siroj Institute, M Imdadun Rahmat, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (16/3/2018).

Imdadun menjelaskan, sebagai ketua umum PBNU, dukungan yang diberikan Said Aqil memberi kesan bahwa NU memiliki hubungan lebih dekat ke PKB dibanding partai lainnya.

(Baca juga : PKB: Kalau Jokowi Cocok dengan Cak Imin Alhamdulillah, Namanya Usaha)

Sebagai ulama yang dihormati, sambung Imdadun, Said seperti menegaskan kepada kaum Nahdliyin bahwa Cak Imin adalah kader terbaik yang paling pantas didukung sebagai cawapres.

Secara khusus, dukungan ini memberi sinyal kepada Jokowi dan partai pendukungnya untuk mempertimbangkan Cak Imin sebagai pilihan terbaik.

"Dukungan terbuka dari Kiai Said menunjukkan Cak Imin direstui penuh Keramat Raya 164 (PBNU). Selama ini Cak Imin juga dekat, runtang-runtung dengan Kiai Ma'ruf Amin. Lengkap sudah, Ketum Tanfidliyah dan Rois Aam kompak mendukung Cak Imin," papar Imdadun.

Namun, menurut mantan ketua Komnas HAM ini, Cak Imin tidak boleh berpuas diri dengan dukungan anggota NU. Untuk meyakinkan Jokowi, Cak Imin harus betul-betul merepresentasikan muslim moderat secara keseluruhan.

Hal ini dinilai strategis, sebab Jokowi yang oleh lawan politiknya distigma anti Islam, sehingga sangat membutuhkan wakil yang didukung luas oleh publik muslim religius.

(Baca juga : Rayuan Cak Imin untuk PDI-P, Kenakan Batik Merah ke Makam Marhaen)

"Ini bukan hal yang sulit. Didukung Kiai Said, Cak Imin bisa masuk dan menarik dukungan ormas-ormas Islam di bawah LPOI yang ketuanya Kiai Said sendiri. Cak Imin juga bisa masuk ke semua ormas Islam di bawah MUI. Kiai Ma'ruf kan ketua umum MUI. Pintunya terbuka lebar," tambah Imdadun.

Imdadun menyarankan, Cak Imin dan PKB segera mengumumkan dukungan resmi ke Jokowi. Hal ini penting untuk menepis isu PKB bermain dua kaki ke "poros Islam" atau "poros ketiga".

Isu ini tidak hanya merugikan posisinya di mata Jokowi dan partai koalisi pemerintah, tetapi juga di mata pendukung internalnya, khususnya Said Aqil dan Ma'ruf Amin yang merupakan tokoh Majlis Dzikir Hubbul Waton yang sejak awal mendukung Jokowi.

Kompas TV Menurut Jokowi semakin banyak calon semakin baik tetapi hingga kini dirinya masih menimbang kriteria Cawapres pada Pemilu 2019.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com