Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Kondisi Tak Sadarkan Diri, Seorang Pasien Dipaksa Pulang

Kompas.com - 22/02/2018, 06:36 WIB
Raja Umar,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - M Nadsier, seorang pasien yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita penyakit komplikasi, tiba-tiba disuruh pulang ke rumah oleh tim medis tanpa ada kejelasan.

Nadsier dirawat di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh sejak tiga minggu lalu dan disuruh pulang dalam kondisi tak sadarkan diri. Keluarga Nadsier pun merasa keberatan dan menolak untuk membawanya pulang. Mereka menunggu hingga kondisinya membaik.

"Tadi kata dokter, suami saya setelah cuci darah besok disuruh bawa pulang ke rumah, padahal kondisinya dalam keadaan koma,” kata Nilawati, istri pasien dari Kabupaten Pidie, Rabu (22/2/2018) malam.

Menurut Nilawati, suaminya dirujuk ke RSUZA Banda Aceh tiga minggu lalu dengan menggunakan layanan Askes untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Namun, mereka malah kecewa terhadap pelayanan tim medis karena mengeluarkan pasien secara sepihak tanpa ada kejelasan walau dalam keadaan tak sadarkan diri.

“Saya menggunakan Askes kelas 4, karena PNS. Tapi malah disuruh bawa pulang dalam kondisi koma, sampai di rumah apa yang harus kami lakukan,” ujar Nilawati.

Baca juga: Dilecehkan Sesama Pasien RS, Wanita Ini Dapat Kompensasi Rp 2,7 Miliar

Sementara itu, Anton, staf humas RSUZA Banda Aceh, saat dikonfirmasi mengaku, hingga malam ini pasien masih mendapat perawatan, tetapi terkait pemaksaan keluar pasien paksa oleh tim medis akan dikonfirmasi kembali esok hari setelah mendengar keterangan dari tim medis.

“Karena malam ini jam kerjanya sudah habis, maka besok akan kami konfirmasi kepada media terkait pemaksaan keluar pasien, karena kami harus mendengar keterangan dari dokter yang menangani pasien seperti apa,” jelasnya.

Pantauan Kompas.com, kabar pemaksaan pihak rumah sakit terhadap pasien yang harus keluar dalam kondisi koma tersebar dengan cepat ke media sosial membuat petugas medis dan satpam RSUZA langsung panik dan sempat mengancam keluarga pasien, bahkan wartawan dilarang untuk meliput pasien.

Baca juga: Viral Video soal Biaya ICU Rp 15 Juta, Keluarga Pasien Dilaporkan ke Polisi

Kompas TV Kasus buruknya pelayanan di rumah sakit di Surabaya kembali viral di media sosial.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com