Mereka yang Nekat Maju Pilkada dengan Harta Minim

Kompas.com - 19/02/2018, 11:02 WIB
Kemiskinan dan kepemimpinanm KOMPASKemiskinan dan kepemimpinanm


"Anda cuma punya harta motor satu-satunya. Tapi anda nekat maju Pilkada. Anda memang nekat?" tanya saya kepada salah satu calon pimpinan daerah termiskin di Indonesia, Habib Said Abdul Saleh. Habib pun menjawab, " Betul, saya nekat!"

Skutik, harta satu-satunya

Motor skutik dengan harga paling murah di kelasnya, tidak menjadikan halangan bagi calon Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh, mengurungkan niatnya menjadi pimpinan di daerahnya.


Namanya memang Habib. Begitu yang tercatat dalam dokumen KTP maupun Kartu Keluarga. Soal kekayaan, memang itu kekayaannya: sebuah motor skutik ditambah saldo buku tabungan Habib yang jumlahnya hanya Rp 1 juta.

Harta miliknya tersebut ia laporkan pada Lembar Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) sebagai syarat maju jadi pimpinan daerah. Bahkan uang di saldo tabungannya kini hanya tersisa setengahnnya yaitu Rp 500 ribu.

Program Aiman yang akan tayang malam ini, pukul 20.00 di KompasTV akan memperlihatkan detail harta kekayannya sekaligus kenekatannya maju sebagai pimpinan daerah di Kabupaten dengan jumlah penduduk 109 ribu lebih dan APBD hingga setengah triliun rupiah!

Menempuh perjalanan jauh

Tak mudah sesungguhnya mencapai daerah tempat Habib Said akan memimpin jika menang bersaing dengan 2 pasangan lainnya.

Waktu 6 jam perjalanan dengan jarak tempuh hampir 300 kilometer dari kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, harus dijalani untuk mencapai Kabupaten Barito Timur.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X