Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Ada 17 Jenis Jenang pada Peringatan Ulang Tahun Solo?

Kompas.com - 17/02/2018, 16:31 WIB
Labib Zamani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Karinka begitu menikmati setiap suapan jenang grendul yang dibagi gratis dalam 'Semarak Jenang Sala' di pelataran Benteng Vastenburg Jalan Jenderal Sudirman Solo, Jawa Tengah, Sabtu (17/2/2018).

Pertama mencicipi jenang yang ada di wadah dari daun pisang (takir) itu, perempuan berparas ayu ini pun heran dengan rasanya.

Menurut dia, jenang grendul buatan warga Kota Bengawan ini berbeda dengan yang dia beli di pasaran.

"Rasa jenangnya itu beda sama yang saya beli di pasaran. Jenang ini rasanya enak," kata Karinka di pelataran benteng, Sabtu.

Dia mengaku, baru pertama kali mencicipi jenang grendul di Solo. Awalnya, dari Malang, dia hanya ingin liburan bersama keluarga.

(Baca juga: Cerita Penghuni Panti Asuhan Minum Sebotol Minyak Tanah seusai Makan)

Pada saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, dia melihat banyak kerumunan orang di kawasan itu. Karena penasaran, Karinka menghentikan laju kendaraannya dan memarkirkan di sekitar kawasan itu.

"Tadi kebetulan saja. Pas saya melintas di depan Benteng Vastenburg kok banyak orang. Saya penasaran terus ke sini (Benteng Vastenburg)," ujar dia.

Dia menambahkan, jenang merupakan makanan tradisional yang sudah mulai dilupakan. Masyarakat lebih memilih makanan cepat saji dan instan. Oleh sebab itu, dia meminta kepada pemerintah untuk melestarikan keberadaan jenang.

"Menurut saya, kegiatan ini sangat baik. Karena merupakan bagian untuk melestarikan makanan tradisional dan keberadaan jenang," tutur Karinka.

Hal senada juga diungkapkan Angga Widyo Prasetyo (13), warga Solo. Pelajar dari SMPN 2 Surakarta ini berharap ada perhatian dari pemerintah terkait makanan tradisional itu. Menurut dia, makanan itu sudah mulai jarang ditemukan di pasaran.

"Dari dulu saya suka jenang. Dulu masih banyak orang yang jual jenang. Tapi sekarang sudah jarang," tuturnya.

Makna di balik jenang

Semarak Jenang Sala merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-273 tahun Kota Solo yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Ada 17 macam jenis jenang yang disajikan dalam acara yang dihadiri ribuan pengunjung, mulai dari jenang grendul, majemukan, salaka, koloh, pati, sumsum, taming warna papat, sengkala, abang putih, katul, procot, hingga sambal goreng.

(Baca juga: Kisah Haru Perjuangan Bule Selandia Baru Nikahi Gadis Asal Wonogiri)

Semarak Jenang Sala diawali dengan kirab 17 macam jenis jenang dari Balai Kota Surakarta. Kirab 17 jenang diikuti Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo, Anggota DPRD Surakarta, Kepala Dinas Perdagangan sekaligus ketua panitia Subagiyo, seniman, dan tokoh masyarakat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com