Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Mudik Selesai, 9.800 Penumpang Padati Pelabuhan Domestik Sekupang Batam

Kompas.com - 23/12/2017, 16:00 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Puncak arus mudik Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 di Pelabuhan Domestik Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dinyatakan sudah selesai hari ini, Sabtu (23/12/2017). Pada esok harinya atau H-1, diperkirakan hanya penumpang yang ingin berliburan di luar Batam.

Kepala Pos Syabandar Pelabuhan Domestik Sekupang Trino Palapa mengatakan, puncak arus mudik terjadi hari Sabtu ini, dengan jumlah kapal yang berangkat ada enam kapal.

"Puncaknya hari ini, dan tadi pagi, mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.15 WIB ada enam kapal yang kami berangkatkan dan semua kapal itu membawa penumpang yang ingin merayakan natal di Pekanbaru Riau dan Sumatera Utara (Sumut)," kata Trino, Sabtu (23/12/2017).

Dari enam kapal itu, tambah Trino, sebanyak lima kapal tujuan Dumai dengan jumlah 8.450 penumpang dan satu kapal tujuan Buton dengan jumlah 1.350 penumpang yang diangkut.

"Yang paling banyak memang tujuan Dumai di Provinsi Riau, karena dari Dumai para penumpang melajutkan perjalanannya ke Sumatera Utara melalui jalan darat, makanya arus puncaknya hari ini, kalau besok sudah tidak terburu lagi waktunya," ungkap Trino.

Untuk esok harinya, Minggu (24/12/2017) Trino memprediksikan hanya ada dua atau tiga kapal saja, mengingat besok penumpang yang akan liburan diluar Batam, yang mendominasi di pelabuhan Domestik Sekupang ini.

"Kami perkirakan dua kapal tujuan ke Dumai Provinsi Riau dan satu kapalnya ke Buton Provinsi Riau," terangnya.

Disinggung apakah puncak arus mudik kali ini mengalami peningkatan, Trino mengaku mengalami penurunan, yang diperkirakan mencapai 10 persen.

"Tahun lalu mulai dari H-4 hingga H-2 ada puluhan ribu penumpang yang memadati pelabuhan Domestik Sekupang ini, tahun ini hingga titik arus puncak H-2, hanya sekitar 9.800 penumpang yang memadati pelabuhan," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com