Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Performa Mobil Listrik Ezzy II yang Dijajal Jokowi di Tol Sumo

Kompas.com - 19/12/2017, 20:24 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Presiden Jokowi menjajal mobil listrik Ezzy II buatan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya saat meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) di Surabaya, Selasa (19/12/2017).

Mobil listrik Ezzy II disebut generasi kedua dari pengembangan mobil listrik Ezzy I yang telah dirilis 2013 lalu.

"Ezzy II memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya," kata Muhammad Nur Yuniarto, Direktur Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Otomotif ITS.

Kata dia, Mobil listrik Ezzy II menggunakan tenaga baterai sebesar 20 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 130 km. "Selain itu, mobil ini bisa melaju dengan kecepatan maksimum 180 km per jam dengan pendistribusian berat yang jauh lebih stabil," ungkapnya.

(Baca juga : Jokowi Jajal Tol Sumo Pakai Mobil Listrik ITS )

Selain Ezzy II, produk riset unggulan yang dipamerkan mahasiswa ITS kepada Jokowi adalah satu unit supercar Lowo Ireng, dua unit motor listrik Gesits, serta satu unit bus bertenaga surya dan listrik.

Presiden Jokowi mengapresiasi karya hasil riset mahasiwa ITS tersebut sebagai langkah awal yang bagus untuk mengenalkan produk mobil listrik kepada dunia industri.

"Saya rasa ini sudah lompatan jauh dari mahasiswa untuk mengenalkan mobil listrik kepada industri," jelasnya.

Sebagai pemerintah, pihaknya bertugas memberikan fasilitas agar mobil listrik bisa diakses industri meskipun prosesnya sangat sulit.

Pemerintah, sambung dia, akan mendorong apapun produk riset dalam negeri, untuk bisa diproduksi secara massal dan diakses pasar. "Memang prosesnya lama dan sulit, tapi pemerintah akan terus berupaya mendorong produk riset anak negeri," pungkasnya.

Kompas TV Setelah dibangun sejak 2006, pembangunan Tol Surabaya-Mojokerto akhirnya rampung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com