Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Jajal Tol Sumo Pakai Mobil Listrik ITS

Kompas.com - 19/12/2017, 17:10 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Presiden Jokowi meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) di pintu masuk Warugunung Surabaya, Selasa (19/12/2017).

Usai acara seremonial peresmian, Jokowi menjajal mobil listrik karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Ezzy II.

Didampingi tim teknis dari ITS, Jokowi menduduki kursi bagian depan mobil listrik yang dicat dominasi warna merah itu. Mobil lalu berkeliling dan 10 menit kemudian baru keluar lagi dari pintu tol Warugunung.

Jokowi mengapresiasi produk mobil listrik ITS tersebut. "Saya belum bisa banyak mengomentari, kan masih mencoba 20 kilometer saja," tutur Jokowi.

(Baca juga : Jokowi Mengaku Pernah Gagal Tes Masuk Perhutani, tetapi Diterima Jadi Presiden )

Jokowi hanya merasakan goncangan mobil saat pengemudi memindahkan persneling untuk menuju kecepatan lebih tinggi. "Tadi pas waktu pindah gigi masih gleg..gleg," ujarnya.

Pemerintah, sambung dia, akan mendorong apapun produk dalam negeri, untuk bisa diproduksi secara massal dan diakses pasar. "Memang prosesnya lama dan sulit, tapi pemerintah akan terus berupaya mendorong produk riset anak negeri," ujarnya.

Hadir dalam peresmian Tol Sumo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Jatim Soekarwo, Bupati Sidoarjo Sidoarjo Saiful Ilah, Bupati Mojojerto Mustafa Kamal Pasha, dan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Jalan Tol Sumo yang diresmikan Jokowi sepanjang 36,27 kilometer, membentang dari Surabaya ke Mojokerto dan melewati 4 daerah yakni Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan Mojokerto. 

Kompas TV Presiden Joko Widodo membuka Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com