Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Siapkan Tempat untuk Pengungsi Letusan Gunung Agung

Kompas.com - 29/11/2017, 13:46 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memastikan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menyiapkan tempat untuk menampung warga yang terdampak letusan Gunung Agung Bali.

Hal tersebut dijelaskan Anas kepada Kompas.com, Rabu (29/11/2017). Menurut Anas, ia sudah menggelar rapat persiapan dengan unsur TNI/Polri, ASDP Ketapang, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup serta para relawan.

"Kami sudah instruksikan untuk siap-siap jika sewaktu waktu menerima kedatangan warga dari Bali yang mengungsi karena terdampak meletusnya Gunung Agung," jelas Anas.

Ia mengatakan ada beberapa gedung yang sudah disiapkan seperti Gedung Wanita, GOR Tawang Alun. Mereka tidak akan ditempatkan di tenda darurat, karena antisipasi jika Banyuwangi terkena dampak abunya juga.

Selain itu, pemkab juga sedang bersiap untuk mengantisipasi jika Banywuangi terdampak abu vulkanik Gunung Agung.

"Kita sudah mengimbau agar kecamatan yang sekiranya terdampak abu mulai menyosialisasikan ke warga. Masker sudah kita siapkan untuk antisipasi," imbuh Anas.

AFP Yang terjadi selama gunung meletus

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Fajar Swasana menambahkan, pihaknya pada Selasa (28/11/2017) telah melakukan pertemuan dengan seluruh relawan di Banyuwangi. Pertemuan ini dilakukan untuk memantapkan kesiapan para relawan.

"Kecamatan terdekat dengan areal penyeberangan Bali juga sudah disiagakan. Kalau soal respons cepat, semua relawan dan tenaga kesehatan siap setiap saat membantu Bali. Terkait dengan hal penanganan kebencanaan juga sudah kami siapkan," jelas Fajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com