Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Menteri Ikut Rapat Persiapan "Ngunduh Mantu" Putri Presiden

Kompas.com - 18/11/2017, 18:29 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Sebanyak tiga menteri menghadiri rapat persiapan pesta adat dan resepsi putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution di Medan, Sabtu (18/11/2017).

Mereka adalah Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Perekononian Darmin Nasution, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sementara dari pihak tuan rumah, terlihat Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Gubernur Sumatera Utara Erry Nurady, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpaw, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Sumantri, panitia acara dan pihak keluarga.

Sebelum memimpin rapat, Luhut memeriksa semua persiapan acara, baik dari pihak keluarga, konsep acara, sampai sistem pengamanan dan keamanan Presiden selama berada di Kota Medan.

Baca juga: 10.000 Tamu Pesta Adat Kahiyang dan Bobby, Hotel di Medan Hampir Penuh

Ada 40 kepala keluarga warga komplek BHR siap membantu jalannya perhelatan besar Bobby-Kahiyang, Kamis (16/11/2017).KOMPAS.com/Mei Leandha Ada 40 kepala keluarga warga komplek BHR siap membantu jalannya perhelatan besar Bobby-Kahiyang, Kamis (16/11/2017).
Dia ingin setiap komponen panitia saling berkoordinasi untuk menyukseskan rangkaian acara dan saling bertanggungjawab.

"Kita sama-sama tahu bagaimana karakter Pak Jokowi dalam berinteraksi dengan masyarakat. Penjagaan dan pengamanan tetap harus ketat, tapi tetap diiringi gaya kesejukan dan keramahan Presiden kita," ucap Pratikno.

"Selama di Medan akan dilakukan serangkaian acara, di antaranya penabalan marga Siregar untuk Kahiyang Ayu pada 21 November. Kemudian dilanjutkan acara adat pada 24 dan 25 November, serta puncak resepsi pada 26 November," sambungnya.

Sementara itu Eldin menyebutkan, sejumlah dukungan persiapan telah dipersiapkan pihaknya sejak jauh-jauh hari karena telah membangun koordinasi dan komunikasi dengan pihak keluarga. Sejumlah persiapan yang dilakukan mulai infrastruktur kota, jalan, kebersihan dan keindahan.

"Sudah kita benahi dan kita sediakan sedemikian rupa. Begitu juga dengan kesiapan personil di lapangan, petugas Dishub, P3SU, pemadam kebakaran, tim taktis dinas PU Kota Medan, serta berbagai pendukung acara telah kita siapkan," kata Eldin.

Dalam acara adat nanti, Kahiyang akan diberi marga Siregar sesuai marga ibu Bobby. Prosesi ini akan dihadiri Darmin Nasution. Setelah bermarga Siregar, Kahiyang dan kedua keluarganya akan beristirahat selama dua hari.

Pada 24 November, acara adat Mandailing mulai digelar dengan 15 prosesi adat yang harus dilalui kedua pasangan suami istri itu. Mulai dari manortor sepanjang malam dan margondang.

Acara itu sendiri akan berlangsung mulai 19 November hingga 26 November 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com