Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pilkada Jatim, Gerindra "Jatuh Cinta" pada Emil Dardak

Kompas.com - 06/11/2017, 15:01 WIB
Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Partai yang menyuarakan poros tengah pada Pilkada Jatim 2018, Partai Gerindra, mengaku jatuh cinta pada performance Bupati Trenggalek Emil Elistyanto Dardak.

Bahkan, partai pimpinan Prabowo Subianto itu secara khusus sudah melamar Emil Dardak untuk menjadi calon gubernur yang akan diusung kelompok partai poros tengah. "Kita sudah bertemu dan membahas serius soal Pilkada Jatim," kata Sekretaris Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad, Senin (6/11/2017).

Figur suami artis peran Arumi Bachsin itu, kata Anwar, adalah simbol figur milenial yang kemampuan pemerintahannya bisa diadu dengan dua politisi senior yang dipastikan maju pada Pilkada Jatim, yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa.

Gerindra, menurut dia, memiliki kepentingan mengangkat generasi muda yang mempunyai kemampuan persuasi yang bagus, retorika yang bagus, serta background kepemimpinan politik yang bagus untuk ikut menjadi bakal calon gubernur di Jatim.

Baca juga: PAN dan PKS Pertimbangkan Poros Baru untuk Pilkada Jatim

"Saya optimistis Emil bisa leading mengingat potensi milenial di Pilkada Jatim yang tercatat cukup banyak," tambah Anwar.

Menurut catatan lembaga konsultan politik IT Research Politic Consultant (IPOL) Indonesia, dari 38,85 juta jiwa penduduk Jatim, ada sekitar 17,1 juta kelompok usia produktif yang masuk kategori pemilih rasional. 

Dari jumlah itu, terdapat 37,68 persen atau 14.506.800 merupakan pemilih milenial. Sebutan milenial merujuk pada warga yang lahir pada 1981-1994. Pemilih ini sangat akrab dengan perangkat media informasi.

Selain dibidik Gerindra, Emil Dardak juga masuk dalam bursa calon wakil pendamping Khofifah pada Pilkada Jatim bersama Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni dan anggota DPR RI asal Partai Nasdem, Hasan Aminudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com