Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Tidur Nonstop hingga 13 Hari yang Dialami Remaja Echa

Kompas.com - 25/10/2017, 07:32 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Siti Raisa Miranda (13) atau yang kerap disapa Echa mengalami tidur nonstop selama 13 hari dan baru bangun pada Sabtu (21/10/2017) sekitar pukul 09.00 Wita. Hanya beberapa saat terbangun, Echa kembali melanjutkan tidurnya.

Menurut Mulyadi, sang ayah yang membuat kisah Echa menjadi populer karena mengunggahnya di Facebook, anaknya itu sudah berulang kali tidur dalam jangka waktu yang lama. Diduga, Echa mengidap sindrom Putri Tidur atau Sindrome Kleine-Levin.

Mulyadi berkisah, awalnya, Echa adalah anak yang cerdas, daya tangkapnya cepat dan memiliki bakat di bidang musik. Namun, sejak Echa mengalami kecelakaan satu tahun lalu, keadaan mulai berubah.

"Awalnya tabrakan, kepala Echa terbentur aspal dan dia langsung diurut. Semuanya beres tak ada masalah. Namun luka di bagian kepala Echa tidak terkontrol. Akibatnya, seminggu pasca-kecelakaan tingkah lakunya berubah," ungkap Mulyadi saat ditemui di rumahnya di Jalan Pangeran RT 4, Banjarmasin, Sabtu (21/10/2017) malam.

(Baca selengkapnya: Remaja Ini Tidur Nonstop Selama 13 Hari, Bangun Sebentar lalu Tidur Lagi)

Menurut Mulyadi, anaknya lalu seolah berhalusinasi, bahkan terkadang terlihat seperti orang kesurupan. Keluarga lantas membawa Echa ke orang pintar dan juga rumah sakit.

Sekitar 11 hari setelah minum obat dan mengikuti perawatan jalan di rumah sakit, lanjut sang ayah, kondisi Echa sempat membaik. Namun, Echa sempat tak tidur selama tiga hari tiga malam.

(Baca juga: Baca juga : Sering Tidur Nonstop hingga 13 Hari, Remaja Echa Disarankan Pindah Sekolah)

Karena diduga mengalami insomnia, orangtua Echa pun membawanya kembali ke rumah sakit untuk diopname. Saat di rumah sakit, ada tiga dokter yang menangani Echa, yaitu dokter anak, spesialis jiwa, dan dokter syaraf.

Setelah diperiksa, lanjut Mulyadi, hasil CT scan pertama terhadap otak Echa menunjukkan bahwa kondisi Echa baik-baik saja. Pun ketika CT scan kedua, Echa hanya didiagnosa memiliki penyakit sinusitis.

Setelah itu, menurut Mulyadi, Echa kerap tidur dalam jangka waktu lama dan sering kambuh.

Berita ini telah tayang di Banjarmasin Post, Minggu (22/10/2017), dengan judul: 13 Hari Echa Tertidur, 3 Dokter Pernah Periksa Kondisi Fisiknya Sehat

 

 

Kompas TV . Di Banjarmasin seorang anak mengidap penyakit langka yang membuatnya tidur pulas selama 13 hari.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com