Belasan Siswa SD di Kediri Keracunan Coklat

Kompas.com - 16/10/2017, 18:48 WIB
Dokter Puskesmas Ngletih memeriksa kondisi salah satu siswa SDN Tempurejo 1 Kota Kediri yang dirawat karena mengalami pusing dan muntah seusai mengonsumsi coklat, Senin (17/10/2017). KOMPAS.com/M Agus Fauzul HakimDokter Puskesmas Ngletih memeriksa kondisi salah satu siswa SDN Tempurejo 1 Kota Kediri yang dirawat karena mengalami pusing dan muntah seusai mengonsumsi coklat, Senin (17/10/2017).
|
EditorReni Susanti

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebanyak 12 SDN Tempurejo I di Kecamatan Pesantren, Kediri, Jawa Timur, dilarikan ke puskesmas. Mereka diduga keracunan setelah mengonsumsi coklat, Senin (17/11/2017). 

Seteleh mengonsumsi coklat, para siswa muntah-muntah disertai pusing kepala. Mereka lalu dilarikan ke Puskesmas Ngletih yang berada tidak jauh dari lokasi sekolah.

"Saat datang pasien mengalami mual, muntah, ada yang pusing," ujar dokter Puskesmas Ngletih, Maya Kusumawati.

Untuk coklat penyebab keracunan, Maya mengatakan, contoh coklat sudah diambil Dinas Kesehatan untuk diteliti. Sedangkan pihaknya fokus pada penanganan pasien. 

(Baca juga: 163 Siswa SMP Keracunan Makanan, Polisi Periksa Tiga Guru)

Erga Erik Subagio, salah seorang siswa yang dirawat, mengaku muntah-muntah seusai mengkonsumsi coklat yang dibawa salah satu rekan sekelasnya. Coklat dari luar negeri itu dikonsumsi bersama teman-temannya sesama kelas empat. 

"Makan coklatnya di dalam kelas. Tapi pas belum ada gurunya," ujar Erga saat ditemui di Puskesmas Ngletih.

Menurut Erga, temannya yang membawa coklat juga sempat dibawa ke puskesmas. Ia keracunan juga namun tidak separah dirinya. Karena itu, temannya sudah diperbolehkan pulang. 

Hingga Senin sore, kondisi belasan siswa yang dirawat di puskesmas berangsur membaik dan diperbolehkan pulang. Dari 12 siswa, hanya tinggal dua siswa yang dirawat di Puskesmas. 

Dokter Puskesmas juga meminta keluarga korban untuk membawa pasien kembali ke puskesmas jika merasa pusing dan mual. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X