Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Bersih-bersih Masjid Usai Aksi Bela Rohingya

Kompas.com - 09/09/2017, 08:47 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Aksi bela Rohingya di Masjid An-Nuur Sawitan, Kabupaten Magelang, telah usai, Jumat (8/9/2017) sore. Massa langsung membubarkan diri dengan tertib ke daerah asal masing-masing. Namun masih ada sekelompok orang yang terihat masih sibuk di masjid dan sekitarnya.

Mereka menjinjing kardus dan kantong plastik besar, lalu dengan tekun mengambil sampah-sampah berserakan usai kegiatan tersebut. Mereka adalah komunitas Bersih-bersih Masjid (BBM) Magelang. Komunitas ini beranggotakan belasan orang yang bekerja membersihkan tempat ibadah umat Islam itu tanpa meminta imbalan apapun.

"Membersihkan masjid itu bayarannya sangat tinggi, tapi nanti di akhirat. Apa yang kami lakukan ini termasuk jihad, walaupun lewat jalan yang berbeda," tutur Hari Indriyanto, Koordinator BBM Magelang.

Hari menyebutukan, sebagai tempat ibadah, masjid harus dalam kondisi bersih, baik di dalam maupun lingkungan sekitarnya.

Baca juga: Dubes RI: Kita Tak Boleh Berkoar-koar seperti Negara Lain Sikapi Rohingya

BBM tergerak untuk segera membersihkan sampah yang banyak ditinggalkan oleh peserta aksi solidaritas Rohingya di masjid Agung An-Nuur. Sebagian besar sampah berupa kertas, kardus, plastik, botol air minum dan sebagainya.

"Sampah yang berserakan di sekitaran masjid tidak bisa dibiarkan begiru saja. Meski kami memaklumi mereka juga kebingungan, mau buang sampah di mana. Apalagi, saudara-saudara kita yang hadir banyak sekali," ujar Hari.

Dia mengatakan,  anggota Komunitas BBM berasal dari anggota organisasi masyarakat (ormas) yang memiliki kepedulian pada kebersihan area masjid. Mereka tidak hanya beraksi saat ada perhelatan saja tapi rutin dua kali dalam seminggu berkeliling ke masjdi-masjid di wilayah Magelang.

"Kami punya jadwal, dalam seminggu, ada dua masjid di Magelang. Biasanya setiap hari Jumat dan Ahad," ucapnya.

Baca juga: Ribuan Muslim Khusuk Gelar Aksi Bela Rohingya di Magelang

Kompas TV Kelompok militan Rohingya terlibat pertempuran sengit dengan pasukan keamanan Myanmar di Rakhine.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com