Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja se-Nusantara Akan Mengikuti Kirab Budaya Dieng

Kompas.com - 03/08/2017, 17:21 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

DIENG, KOMPAS.com - Sebanyak 20 raja dan permaisuri dari berbagai kerajaan di Nusantara akan menghadiri acara Dieng Culture Festival (DCF) 2017. Pasangan raja dan ratu tersebut akan mengikuti proses kirab budaya lengkap dengan pakaian kebesaran kerajaan masing-masing.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Dwi Suryanto menyebut, raja-raja yang tergabung dalam Paguyuban Raja Nusantara ini dikoordinasikan oleh Keraton Kawitan Amertha Bumi, Kendal, Jawa Tengah.

Raja yang dipastikan hadir antara lain dari Keraton Amertha Bumi, Keraton Kutai, Keraton Selayar, Keraton Sulawesi, Kesultanan Luwu, Keraton Bangkalan, Keraton Pamekasan, Keraton Tamiang Aceh, Keraton Indrapura, Puri Tabanan, Puri Pemecutan, Puri Jembrana, Puri Kerambitan, dan Keraton Bau Bau.

“Mereka (Raja Nusantara), ingin melihat secara langsung kearifan budaya di Dieng. Apalagi raja-raja Nusantara ini meyakini bahwa Dieng merupakan peradaban kuno,” kata Dwi saat dihubungi Kamis (3/8/2017).

Baca juga: Gunung Prau Ditutup, Pendaki Diarahkan Berwisata ke Dieng

Rencananya, para raja dari berbagai wilayah di Indonesia tersebut dijadwalkan berkumpul di Pendapa Dipayudha Adigraha Pemkab Banjarnegara pada Sabtu (5/8/2017) pukul 11.00 WIB.

“Kami berharap, rawuhnya raja dari penjuru Nusantara ini akan mampu menjadi daya tarik lebih bagi wisatawan. Bukan hanya keindahan alam dan kebudayaan di Dieng, namun juga keterlibatan mereka saat kirab nanti,” ujar Dwi.

Kompas TV Peringatan dini dan kampung siaga bencana akan ada di tiga kabupaten sekitar Dieng.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com