Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Luncurkan Program Layad Rawat dan Ambulans Motor

Kompas.com - 26/07/2017, 12:50 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil secara resmi meluncurkan dua program di bidang kesehatan, yakni Layad Rawat dan Ambulans Motor.

Persemian program tersebut dilakukan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (26/7/2017).

Layad Rawat merupakan program inovasi ketika pelayanan kesehatan dasar diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka (jemput bola).

Baca juga: Warga di Kampung Terpencil Purwakarta Kini Bisa Panggil Dokter via "Online"

Sementara ambulans motor hadir sebagai kendaraan para dokter dan perawat untuk menjangkau rumah pasien. Para dokter dan perawat pun dilengkapi fasilitas peralatan kesehatan.

"Kita resmi meluncurkan program Layad Rawat. Di mana 1.590-an tim terdiri dari dokter dan tenaga kesehatan. Mereka akan merawat mendatangi warga tidak mampu yang perlu dirawat di rumahnya, bukan tipe penyakit yang berat atau intensif yang memang tetap harus ke rumah sakit," ujar Ridwan.

Dua program tersebut merupakan kolaborasi antara gagasan Pemkot Bandung dengan ide dari warga.

"Ini prioritas kelompok menengah bawah secara gratis. Baik perawat dan obatnya," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Program tersebut telah dioperasikan di 80 puskesmas dan dikoordinir oleh 30 UPT puskesmas di Kota Bandung dengan dukungan 11 unit ambulans motor.

"Formatnya adalah siapapun warga Bandung, silakan telepon 119, nanti operator akan mengirimkan timnya dengan ambulans motor yang sudah kita siapkan," tambah Emil.

Baca juga: Jalan Sepi di Bandung Bakal "Disulap" Jadi Pusat Kuliner dan Ekonomi Kreatif

"Mudah-mudahan dengan konsep negara mendatangi warga sebagai konsep pelayanan publik baru akan dihadirkan terus, tidak hanya di pelayanan kesehatan, tetapi di seluruh pelayanan yang ada interaksinya dengan warga. Semoga lancar dan ini komitmen kita untuk melindungi warga di bidang kesehatan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com