Ini Komentar Menhub soal Kelancaran Penyeberangan Merak dan Ketapang

Kompas.com - 30/06/2017, 06:58 WIB
Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOPemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini.
|
EditorSandro Gatra

SALATIGA, KOMPAS.com - Sudah jamak terjadi pada penyelenggaraan mudik Lebaran tahun-tahun sebelumnya, lalu-lintas penyeberangan di sejumlah pelabuhan utama di pulau Jawa terjadi antrean panjang dan berjam-jam lamanya.

Saat arus mudik 2016, misalnya, kemacetan terjadi hingga ke Jalan Tol Tangerang-Merak.

Namun, pada penyelenggaraan mudik lebaran tahun ini, lalu lintas penyeberangan relatif lancar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kelancaran arus mudik khususnya di Pelabuhan Merak, Banten dan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi lantaran adanya perubahan managemen.

Dermaga baru sudah beroperasi. Penjualan tiket juga sudah online.

"Penyeberangan saya pikir paling tinggi di Merak, kemarin berlangsung baik karena ada satu manajemen yang baru di sana. Ada terminal baru, terminal enam, itu khusus untuk motor. Yang kedua, mulai pakai tiket online. Itu improve ya," kata Budi di sela meninjau arus balik di Exit Tol Tingkir, Salatiga, Kamis (29/6/2017) sore.

Menhub juga melihat koordinasi yang baik antara PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) dengan Polri dalam mengatur antrean. Hal itu sangat berdampak terhadap kelancaran arus lalu lintas penyeberangan.

"Kemacetan hanya sesaat langsung terserap dan polisi bersama ASDP disiplin, tidak semua kendaraan boleh masuk parkir. Dibiarkan parkir di luar, parkir dijalan, begitu masuk langsung masuk kapal," tandasnya.

"Saya pikir ini manajemen yang baik dari ASDP dan Polri di dua tempat di Ketapang sama di Merak," tambah dia,

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sebelumnya mengimbau kepada para pemudik agar menggunakan fasilitas pembelian tiket secara online.

Hal ini untuk mengurangi terjadinya penumpukan penumpang akibat antrean pembelian tiket penyeberangan di pelabuhan.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X