Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaah An Natsir Lebaran Hari Ini

Kompas.com - 24/06/2017, 11:17 WIB
Abdul Haq

Penulis

GOWA, KOMPAS.com - Ratusan jemaah An Natsir yang bermukim di pesisir Danau Mawang,  Kelurahan Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggelar shalat Idul Fitri, Sabtu (25/6/2017).

Penetapan satu syawal bagi jemaah An Natsir ini berdasarkan perhituangan bulan atau hisab serta didukung oleh pertanda alam.

Shalat Id yang dipimpin oleh Amiruddin sekaligus sebagai khatib ini dimulai pada pukul 07.00 Wita hingga pukul 08.15 Wita.

"Penetapan satu syawal ini berdasarkan perhitungan bulan yang kami gunakan sejak dua puluh tahun yang lalu. Selain perhitungan bulan, keputusan ini juga didukung oleh pertanda alam dimana terjadinya puncak air pasang laut sebagai tanda bahwa satu syawal telah tiba," kata Lukman A. Bakti, Pimpinan jemaah An Natsir.

Jemaah An Natsir selama ini bermukim di pesisir Danau Mawang dengan ciri khas berambut panjang serta mengenakan jubah. Keseharian mereka bekerja sebagai petani dan beternak.

(baca: Pukul 17.00 WIB, Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Bulan Syawal 1438 H)

Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal bulan Syawal 1438H pukul 17.00 WIB nanti.

Sidang isbat akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com