Jemaah An Natsir Lebaran Hari Ini

Kompas.com - 24/06/2017, 11:17 WIB
Ratusan jemaah An Natair di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan berlebaran lebih awal dari yang ditetapkan pemerintah. Sabtu, (24/6/2017). KOMPAS.com / ABDUL HAQRatusan jemaah An Natair di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan berlebaran lebih awal dari yang ditetapkan pemerintah. Sabtu, (24/6/2017).
|
EditorSandro Gatra

GOWA, KOMPAS.com - Ratusan jemaah An Natsir yang bermukim di pesisir Danau Mawang,  Kelurahan Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggelar shalat Idul Fitri, Sabtu (25/6/2017).

Penetapan satu syawal bagi jemaah An Natsir ini berdasarkan perhituangan bulan atau hisab serta didukung oleh pertanda alam.

Shalat Id yang dipimpin oleh Amiruddin sekaligus sebagai khatib ini dimulai pada pukul 07.00 Wita hingga pukul 08.15 Wita.

"Penetapan satu syawal ini berdasarkan perhitungan bulan yang kami gunakan sejak dua puluh tahun yang lalu. Selain perhitungan bulan, keputusan ini juga didukung oleh pertanda alam dimana terjadinya puncak air pasang laut sebagai tanda bahwa satu syawal telah tiba," kata Lukman A. Bakti, Pimpinan jemaah An Natsir.

Jemaah An Natsir selama ini bermukim di pesisir Danau Mawang dengan ciri khas berambut panjang serta mengenakan jubah. Keseharian mereka bekerja sebagai petani dan beternak.

(baca: Pukul 17.00 WIB, Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Bulan Syawal 1438 H)

Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal bulan Syawal 1438H pukul 17.00 WIB nanti.

Sidang isbat akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X