Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Garut, NasDem Lamar Tiga Bakal Calon

Kompas.com - 17/06/2017, 22:54 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Jelang pelaksanaan Pilkada Garut tahun 2018, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem melamar tiga orang untuk diusung sebagai calon bupati atau calon wakil bupati.

Dari ketiga nama, dua di antaranya yakni Yusef Mulyana dan Usep Setiawan adalah kader Partai Nasdem. Keduanya kini duduk sebagai anggota DPRD Garut. 

Satu nama lagi yakni Raden Marlan, dari kalangan eksternal.  

Ketua Bappilu DPD NasDem Kabupaten Garut Usep Ebit Mulyana mengungkapkan, berbeda dengan partai lainnya, NasDem melamar calon kepala daerah yang akan diusung.

"Calon yang dilamar bisa menolak lamaran, nama mereka muncul dari kajian tim yang dibentuk DPD NasDem untuk Pilkada," jelas Usep usai acara buka bersama yang digelar di kantor DPD NasDem Garut di Jalan Suherman, Tarogong Garut.

Yusep dan Usep Setiawan, menurut Ebit, layak dicalonkan karena loyalitasnya yang teruji di partai. Sementara Marlan dinilai memiliki kapasitas dan kapabilitas mumpuni untuk menjadi Bupati Garut.

Sebagai komitmen, menurut Ebit, partai akan memberikan dukungan pembiayaan kepada calon yang mendapat rekomendasi untuk dicalonkan.

"Kita akan bantu calon untuk biaya saksi sebesar Rp 700 juta lebih dan operasional kampanye Rp 300 juta, totalnya Rp 1 miliar lebih," kata Ebit.

Selain melamar, menurut Ebit partainya juga akan membuka pendaftaran bagi warga Garut yang ingin maju dalam Pilkada Garut.

(Baca: Istri Artis Diky Chandra Siap Bertarung di Pilkada Garut)

Namun, mereka yang mendaftar tidak akan mendapat dukungan biaya dari partai jika kelak direkomendasikan maju dalam Pilkada Garut.

Ebit menjamin tidak ada mahar yang harus diberikan calon kepada partai. Bahkan biaya yang harus dikeluarkan calon pun akan ditanggung partai.

"Pendaftaran baru akan dibuka mulai tanggal 10 hingga 22 Juli mendatang," katanya.

Yusef Mulyana, salah satu ma,a yang dilamar NasDem siap mengikuti semua tahapan Pilkada yang digelar partainya.

"Ini tugas dari partai, sebagai kader saya harus siap saat partai memanggil," katanya.

Hal yang sama diungkapkan Raden Marlan, yang bukan kader Nasdem.

"Saya siap, saya juga ikut seleksi di PDI-P, ini semua kan proses yang harus dijalani," katanya.

Marlan yang sebelumnya juga pernah mengikuti konvensi calon bupati Garut di Partai Demokrat mengaku, akan mengikuti semua tahapan di Partai NasDem.

Kompas TV Komisi Pemilihan Umum resmi memulai persiapan penyelenggaraan pilkada serentak 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com