Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

913 Meter Jalan Tol Pasekaran-Grinsing Belum Dicor

Kompas.com - 06/06/2017, 21:10 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Jalan tol Semarang-Batang di Provinsi Jawa Tengah terus dikebut pekerjaannya agar dapat digunakan H-10 Lebaran. Sejauh ini, dari 36,3 kilometer jalan tol yang hendak digunakan secara fungsional, tinggal sekitar 1 kilometer belum selesai pengecoran lantai kerja.

Pimpinan proyek PT Jasa Marga Semarang Batang, Beni Dwi Septiadi mengatakan, dari total jalan tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer, yang akan digunakan secara fungsional baru siap 36,3 kilometer.

Dari 36,3 kilometer dari Pasekaran (Batang) sampai Grinsing ini, jalan yang belum dicor sepanjang 913 meter. Pengecoran sempat terganggu oleh cuaca.

"Kita kerjakan terus agar target fungsional H-10 bisa terealisasi. Kemarin hujan terus tapi tidak merata, nah yang tidak kena hujan itu dilakukan pengecoran terus menerus," kata Beni, Selasa (6/6/2017).

Baca juga: Kasasi Ditolak, Rumah Bos Warteg di Tengah Jalan Tol Akhirnya Dibongkar

Selaku kontraktor, pihaknya berusaha maksimal agar kendala di lapangan bisa teratasi. Sehinggapekerjaan paket jalan tol bisa digunakan sesuai jadwal.

Masalah hujan juga sempat dirasakan para pekerja saat hendak memasang girder atau balok beton penyangga jembatan. Girder dipasang diatas jalan pantai utara di wilayah Kandeman, Batang. Namun seiring cuaca yang terik, pemasangan girder akhirnya berhasil dilakukan.

"Girder sudah berhasil dipasang. Jadi, sudah tidak ada kendala yang berarti," ucapnya.

Terkait pengecoran lantai kerja yang belum selesai, pihaknya menunggu tanah dalam kondisi kering. Pengecoran lantai kerja tidak bisa dilakukan saat kondisi tanah masih basah karena hujan.

Polda Jawa Tengah sebelumnya juga mengimbau kepada calon pemudik untuk berhati-hati ketika melewati jalan tol fungsional yang ada di Jawa Tengah. Para pemudik tidak disarankan mengemudikan kendaraan lebih dari 40 kilometer perjam.

Imbauan itu yakni tol fungsional dari Brebes sampai Grinsing.

"Pengguna tol dari Brebes sampai Grinsing (Batang) diharapkan kesadarannya, agar bisa mengendalikan kecepatan maksimal 40 km/jam," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jateng Komisaris Besar Djarod Padakova, Selasa (6/6/2017). 

Baca juga: Jelang Mudik, Pengerjaan Ruas Tol Gempol-Rembang Dikebut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com