Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal HTI, Gus Ipul Minta Masyarakat Tak Mudah Terpancing

Kompas.com - 10/05/2017, 12:43 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul, angkat bicara terkait wacana pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Ia berharap, masyarakat tetap menjaga kondusivitas daerahnya, tidak mudah terpancing, dan mempercayakan hal itu kepada pemerintah. Ia pun menyarankan HTI berdialog secara cerdas kepada semua pihak tentang pandangannya.

“Masalah agama itu urusan pusat, daerah ini mengikuti apa yang menjadi ketentuan pusat. Salah satu yang dimungkinkan, toh kalau HTI keberatan kan bisa melalui pengadilan nanti. Karena pemerintah pun akan membubarkan HTI melalui pengadilan,” ujarnya, Rabu (10/5/2017).

(Baca juga: Pemerintah Tempuh Jalur Hukum untuk Bubarkan HTI)

Seperti diketahui, pemerintah berencana membubarkan dan melarang kegiatan yang dilakukan HTI. Karena kegiatan HTI terindikasi bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, sebagaimana diatur UU Ormas.

“Karena itu, teman-teman HTI bisa legowo. Bisa melakukan diskusi-diskusi terkait pandangan-pandangannya, jadi akan bisa lebih bagus kalau dengan dialog,” tutur dia.

(Baca juga: "Silakan Pemerintah Buktikan Apa Benar HTI Merongrong Pancasila?")

Kompas TV HTI Tolak Rencana Pembubaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com