PKS Sebut Deddy Mizwar Punya Peluang Besar Jadi Cagub

Kompas.com - 24/03/2017, 20:03 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, memimpin apel gabungan Operasi Lilin Lodaya 2016 pengamanan hari raya natal dan tahun baru di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Kamis, (22/12/2016). KOMPAS.com/Putra Prima Perdana Kontributor Bandung, Putra Prima PerdanaWakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, memimpin apel gabungan Operasi Lilin Lodaya 2016 pengamanan hari raya natal dan tahun baru di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Kamis, (22/12/2016). KOMPAS.com/Putra Prima Perdana
EditorFarid Assifa

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Bidang Pembina Kewilayahan Banten, DKI dan Jawa Barat DPP PKS, Tate Qomarudin menuturkan, sosok Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berpeluang besar menjadi kandidat calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada Jabar 2018.

"Kami melihat Pak Demiz (Deddy Mizwar) memiliki kans besar terkait Pilgub Jawa Barat 2018 mendatang," kata Tate Qomarudin, di Bandung, Jumat.

Baca juga: Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dedi Mulyadi Masuk Radar PKB untuk Pilgub Jabar

Menurut dia, keputusan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil yang menerima pinangan Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai cagub berdampak pada sikap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pilkada Jabar 2018.


Sebelumnya, PKS berencana mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar 2018, namun kini partai tersebut lebih melirik sosok Deddy Mizwar menyusul lebih besarnya dukungan seluruh kader PKS kepada wakil gubernur Jabar itu ketimbang Ridwan Kamil.

Ia menuturkan, selain sosok Deddy Mizwar, partainya memang pernah memasukkan Ridwan Kamil ke penjaringan awal Pemilu Raya PKS, namun pasca pendeklarasian dukungan NasDem kepada Ridwan Kamil, nasib wali kota Bandung itu di partainya menjadi tidak jelas.

"Jadi Pak RK (Ridwan Kamil) memang pernah masuk penjaringan awal namun setelah kemarin, ke depannya tidak tahu," katanya.

Akan tetapi, lanjut dia, hingga saat ini PKS memang belum akan mengumumkan kandidat cagub yang akan diusung di Pilkada Jabar 2018.

"Untuk sementara, partainya akan melihat kondisi internal serta situasi dan peta perpolitikan, baik di Jabar maupun nasional. Nama-nama itu sekarang sedang digodok Dewan Pimpinan Tingkat Pusat PKS. Insya Allah segera diumumkan," katanya.

Sebelumnya, Ketua Bapilu DPW PKS Jawa Barat, Chairoman J Putro, mengatakan Badan Pemenangan Pemilu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Jawa Barat telah mengumpulkan 10 nama bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur setempat pada Pilkada Jabar 2018.

"Nama-nama itu kita peroleh berdasarkan hasil penjaringan internal partai. Penjaringan dilakukan dari para kader terbaik kita," kata Chairoman J Putro.

Baca juga: Nasdem Deklarasi Dukungan ke Ridwan Kamil, Ini Komentar Deddy Mizwar

Menurut dia, nama-nama itu di antaranya istri Gubernur Ahmad Heryawan, Netty Prasetyani Heryawan; mantan Ketua DPW PKS Jabar Tate Qomarudin, Wakil Ketua DPRD Jabar Haris Yuliana, dan anggota Fraksi PKS DPRD Jawa Barat Nur Suprianto.

Adapun nama lainnya yang juga terjaring dalam bakal calon Pilkada Jabar 2018 adalah Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu yang kini tengah didorong untuk ikut maju dalam Pilkada Kota Bekasi berpasangan dengan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi untuk periode 2018-2023.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ANTARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X