Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Pemungutan Suara Ulang di Teluk Naga Digelar

Kompas.com - 18/02/2017, 14:16 WIB

KOMPAS.com - Pemungutan suara ulang dalam Pemilihan Gubernur Banten 2017 akan digelar di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Minggu (19/2/2017).

Panwaslu Kabupaten Tangerang, Zaki Fuadi, mengatakan, pemungutan suara ulang digelar di lokasi tersebut karena diduga terjadi pelanggaran pada prosesi pemilihan yang berlangsung Rabu (15/2/2017), seperti tercecernya formulir C1 setelah pemilihan berlangsung.

"Ada sekitar 7.000 warga yang ikut pemungutan suara ulang di Teluk Naga," ujar Zaki, Sabtu (18/2/2017).

Sebanyak 15 tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Teluk Naga menggelar pemungutan suara ulang.

"Waktu diserahkan kotak suaranya tidak terkunci. Itu pelanggaran dan memang semestinya dilakukan pemungutan suara ulang," ucapnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten, Agus Supriyatna, menjelaskan, pemungutan suara ulang itu digelar atas hasil keputusan rekomendasi dari Bawaslu. Hingga saat ini, rekomendasi pemungutan suara ulang baru akan dilaksanakan di daerah Teluk Naga saja.

"Siang ini kami gelar rapat untuk membahas pemungutan suara ulang itu. Dapat laporan, baru Teluk Naga saja yang melakukan PSU," kata Agus.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin mengatakan, kepolisian menetapkan status siaga satu di Provinsi Banten, menyusul hasil Pilkada Banten 2017 bahwa kedua pasangan calon meraih perolehan suara dengan selisih tipis.

"Ya gitu kan, (hasilnya) fifty-fifty," ujar Syafruddin di kantor Kementerian Kordinator Bidang Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Jakarta Pusat, Jumat (18/2/2017).

Pilgub Banten 2017 diikuti oleh dua pasangan calon, yakni pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief dan pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy.

Hingga kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Banten, masih terus melakukan penghitungan suara. KPUD Banten belum mengumumkan siapa yang jadi pemenang di pesta demokrasi tersebut.

Syafruddin mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan agar jajaran Polda Metro Jaya memberikan bantuan personel ke Banten untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk konflik horizonal.

(Baca juga: "Mati-matian" Klaim Kemenangan di Pilkada Banten)

 

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Sabtu (18/2/2017), dengan judul: Besok Ribuan Warga di Kecamatan Teluk Naga Coblos Ulang, Banten Siaga Satu

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com