Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logistik Pilkada Sulbar Mulai Didistribusikan ke Wilayah Terpencil

Kompas.com - 01/02/2017, 15:11 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Ribuan surat suara dan logistik Pemilihan Gubernur Sulawesi Barat 2017 mulai didistribusikan petugas Komisi Pemilihan Umum Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ke panitia pemungutan kecamatan, Rabu (1/2/2017).

Pendistribusian hari ini diprioritaskan pada daerah terpencil yang sulit dijangkau transportasi, seperti wilayah pegunungan dan pulau terpencil.

Sebanyak 789 kotak suara untuk tempat pemungutan suara di 16 kecamatan Polewali Mandar mulai didistribusikan mulai hari ini.

Dalam tempo dua hari, pendistribusian logistik tersebut diperkirakan sudah sampai ke setiap kecamatan.

Logistik itu berupa kotak suara lengkap dengan surat suara, formulir, amplop, dan logistik lain.

Untuk mengantisipasi hujan dalam perjalanan, setiap mobil angkutan yang digunakan ditutup terpal atau plastik agar dokumen rahasia negara tersebut tidak basah atau rusak dalam perjalanan.

Setiap mobil logistik dikawal dua aparat Brimob bersenjata lengkap hingga tiba di wilayah kecamatan masing-masing.

Ketua KPU Polewali Mandar M Daniel menyebutkan, distribusi pertama hari ini manargetkan semua wilayah yang relatif sulit dijangkau.

Wilayah tersebut adalah Kecamatan Alu, Tutar, dan Matangnya di daerah pegunungan. Demikian pula Kecamatan Binuang yang memiliki sejumlah pulau terpencil.

Adapun wilayah kota dan relatif mudah maupun lebih dekat akan diproritaskan di hari kedua.

"Hari ini kita prioritaskan daerah terpencil terutama di wilayah pegunungan yang sulit diakses sarana transportasi," kata Daniel.

KPU Polewali Mandar masih menunggu kekurangan surat suara sekitar 1.400 lembar. Jumlah ini belum termasuk surat suara persiapan pemilihan ulang jika terjadi kesalahan pelaksanaan di TPS tertentu.

Dalam Pilkada Sulbar 2017, jumlah pemilih tetap ditetapkan sebanyak 873.360 pemilih di 6 kabupaten. Di Kabupaten Mamasa, jumlah pemilih sebanyak 130.580 orang. Di Polewali Mandar ada 308.733 pemilih, Majene sebanyak 109.007 pemilih, Mamuju terdapat 160.503 pemilih, Mamasa Tengah ada 73.275 pemilih, dan Mamuju Utara 91.262 pemilih.

Pilkada Sulbar 2017 diikuti oleh tiga pasang calon, yakni Suhardi Duka–Kalma Katta, Salim S Mengga–Hasanuddin Masud, serta Ali Baal Masdar–Enny Angraeni Anwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com