TNI AL Resmikan Kapal Patroli Baru di Batam

Kompas.com - 10/01/2017, 12:40 WIB
Kapal Baru TNI AL-Peresmian tiga kapal patroli baru untuk Komando Armada RI Kawasan Timur, Selasa (10/1), di Batam, Kepulauan Riau. TNI AL membuat KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854, dan KRI Madidihang-855 di Batam. Pembuatan kapal itu wujud kemandirian Indonesia dalam pengadaan persenjataan

Kompas/Kris Mada Kris MadaKapal Baru TNI AL-Peresmian tiga kapal patroli baru untuk Komando Armada RI Kawasan Timur, Selasa (10/1), di Batam, Kepulauan Riau. TNI AL membuat KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854, dan KRI Madidihang-855 di Batam. Pembuatan kapal itu wujud kemandirian Indonesia dalam pengadaan persenjataan Kompas/Kris Mada
Penulis Kris R Mada
|
EditorFarid Assifa

BATAM, KOMPAS.com - TNI AL meresmikan tiga kapal patroli baru, Selasa (10/1/2017), di Batam, Kepulauan Riau. Seluruh kapal akan bergabung dengan Komando Armada RI Kawasan Timur.

Kepala Staf TNI AL Laksamana Ade Supandi menuturkan, tiga kapal patroli itu mulai dibangun pada 2015. Seluruh proses pembangunan dilakukan di Batam.

“Pembuatan kapal-kapal ini membuktikan Indonesia mampu mandiri dalam pengadaan alutsista,” ujarnya di sela peresmian.

Kapal yang diresmikan adalah KRI Tatithu-853, KRI Layaran-854, dan KRI-Madidihang-855.

Setiap kapal sepanjang 40 meter itu akan dilengkapi meriam 30 milimeter. Namun, senjata untuk kapal-kapal itu belum dipasang.

“Pengadaan senjata oleh TNI AL, bukan oleh pembuat kapal. Nanti senjata akan dipasang oleh TNI AL, sudah proses pengadaan,” tuturnya.

Seluruh kapal akan segera bergabung dengan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang bermarkas di Surabaya.

Dalam peresmian kemarin, TNI AL sekaligus menyerahkan kapal-kapal itu kepada Koarmatim.

Dengan penambahan tiga kapal itu, TNI AL sudah memiliki 18 kapal patroli berspesifikasi sejenis. Sebagian kapal-kapal itu dibuat di Batam.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X