Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Ibu Ditinggal di Gunung Ciremai, Kondisinya Mengenaskan

Kompas.com - 05/01/2017, 11:08 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Seorang ibu bernama Arsini ditemukan dalam kondisi mengenaskan di ketinggian 2.840 meter di atas permukaan laut di Gunung Ciremai, Majalengka, Jawa Barat.

Kepala Dinas Sosial Jawa Barat Arifin H Kertasaputra mengatakan, saat ini Dinas Sosial Jawa Barat dan Majalengka tengah melakukan pendampingan terhadap Arsini.

"Kami sudah menangani (Arsini) sejak kemarin (Rabu). Saat ini Arsini ditangani di Majalengka oleh tim khusus yang ahli di bidangnya," ujar Arifin saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/1/2017).

Arifin menjelaskan, saat ini timnya fokus pada pemulihan kesehatan Arsini. Jika Arsini sudah dinyatakan sehat secara fisik, pihaknya akan melanjutkan ke pemulihan psikis. Saat ini Arsini mengalami trauma.

"(Arsini) masih trauma. Karena itu ucapannya juga berubah-ubah sehingga belum terungkap penyebab Arsini ada di Gunung Ciremai," ucapnya.

Menurut Arifin, ada beberapa kemungkinan Arsini berada di Ciremai. Pertama, karena memang ditinggalkan keluarganya seperti yang ramai diberitakan.

Kemungkinan lainnya, Arsini sedang berlibur dan kemudian tertinggal di Ciremai.

Dinsos Jabar tengah melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya.

"Apakah (Arsini) trauma ringan, benar dibuang, gangguan jiwa, atau seperti apa. Kalau gangguan jiwa maka kami akan merujuknya ke rumah sakit jiwa," kata dia.

Dia menyatakan bahwa bila ada motif kesengajaan dan tindak pidana lain sehingga Arsini berada sendirian di Gunung Ciremai, maka kasus ini akan diteruskan ke polisi.

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dan pembelajaran agar kasus seperti ini tidak terulang.

"Kami meminta tim khusus yang menangani Arsini untuk menemukan motifnya. Jika nanti kekurangan tenaga, pihaknya akan mengirimkan tenaga tambahan," kata dia.

Kisah Arsini diketahui publik setelah akun Nury Sybil mengunggahnya di media sosial Facebook pada Selasa (3/1/2017).

Dalam akun tersebut, Nury menceritakan bahwa ia bersama pacar dan temannya menemukan Ibu Arsini dalam kondisi mengkhawatirkan saat mendaki Gunung Ciremai.

Arsini ditemukan duduk tanpa mengenakan celana. Kulitnya mengelupas, kaki bengkak, dan badannya kaku.

Dalam akun tersebut, Arsini yang sudah sepekan berada di Gunung Ciremai mengaku dibuang oleh saudaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com