Tahanan Ini Dapat Gergaji untuk Bobol Ventilasi Sel dari Sang Istri

Kompas.com - 04/01/2017, 18:14 WIB
Ini otak pelaku larinya 12 tahanan Polsek Percut Seituan, Rabu (4/1/2017). Kontributor Medan, Mei LeandhaIni otak pelaku larinya 12 tahanan Polsek Percut Seituan, Rabu (4/1/2017).
|
EditorFarid Assifa

MEDAN, KOMPAS.com - Setelah berhasil membobol lubang udara yang ada di sel tahanan Polsek Percut Sei Tuan dengan cara memotong jerjaknya, Abdi Lubis (36), warga Pasar VII, Gang Pisang, Tembung, langsung pulang ke rumahnya.

Dia menjemput istri dan ketiga anaknya untuk ikut melarikan diri. Rencananya, mereka bersembunyi di rumah kerabatnya di Dumai, Riau.

Dengan tergopoh-gopoh, satu keluarga ini menuju terminal Amplas, Medan, dengan menumpangi bus.

Namun pelarian mereka begitu singkat. Setelah menempuh satu malam di perjalanan yang melelahkan, di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Bintan, Kecamatan Dumai Kota, Dumai, mereka ditangkap polisi. Mereka kemudian diboyong kembali ke Medan.


Abdi adalah otak pelaku kaburnya 12 tahanan Polsek Percut Sei Tuan. Saat diinterograsi Pjs Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Boy J Situmorang di Mapolrestabes Medan, dia mengaku sudah sebulan merancang pelariannya.

Baca juga: Dari 12 Tahanan Polsek Percut Sei yang Kabur, 8 Orang Sudah Ditangkap

Jerjak besi di lubang angin dia gergaji secara bertahap. Gergaji itu didapat dari istrinya saat berkunjung.

"Kusuruh istri bawa gergaji pas jenguk aku, disimpan di dalam botol," kata tahanan kasus pencabulan ini, Rabu (4/1/2017).

Setiap malam saat semuanya tertidur, pelan-pelan dia gergaji besi lubang angin hingga lepas. Dia kemudian menunggu waktu yang tepat untuk melarikan diri.

"Kemarin, pas petugas lagi istirahat. Di situlah lari aku lewat lubang angin yang udah kupotong jerjaknya," kata Abdi.

Namun pelariannya tak berlangsung lama. Dia diringkus tim gabungan pada Senin (2/1/2017).

Hingga kini, sudah delapan dari 12 tahanan Polsek Percut Sei Tuan yang ditangkap kembali.

Tahanan terakhir yang diringkus adalah Muhammad Aldi Reza Hasibuan alias Reza (34). Dia diringkus dari rumah orangtuanya di Pasar III Padang Bulan, Medan Selayang pada Selasa (3/1/2017) malam berdasarkan informasi dari masyarakat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X