Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menag: Tokoh Agama dan Negara adalah Aktor Hubungan Umat Beragama

Kompas.com - 23/12/2016, 13:39 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan, pemuka agama dan penyelenggara negara adalah dua aktor strategis dalam penciptaan hubungan antarumat beragama.

Mereka bisa menjamin pola hubungan yang baik. Namun, kualitas hubungan umat tergantung seberapa besar penghayatan mereka dalam ajaran agamanya, ataupun pengaruh dari lingkungan sekitarnya.

“Jadi ada dua faktor, pemuka agama dan penyelenggara negara. Tokoh agama bisa saja bertindak di luar batas, maka di situlah negara perlu balance dan kontrol agar nilai agama berjalan baik,” kata Lukman di sela pembinaan Kerukunan Umat Beragama di Gedung Islamic Center Semarang, Jumat (23/12/2016).

Lukman mengatakan, kerukunan yang ada di Indonesia bukan pemberian Tuhan begitu saja. Kerukunan harus terus dirawat serta diajarkan agar generasi ke depan bisa menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Kerukunan dalam konteks berbangsa dan bernegara sendiri, kata dia, tidak mengalami tantangan yang mudah. Indonesia yang memiliki sikap religius memiliki nilai kekhasan tersendiri.

“Indonesia jelas bukan negara Islam, dan bukan negara sekuler. Nilai agama dijadikan faktor dirangkai kemajemukan. Dua bentuk relasi akan bergerak secara dinamis,” ujar politisi PPP itu.

Lukman mengatakan, relasi agama dan negara adalah relasi yang saling menguntungkan. Negara tidak bisa berjalan sendiri karena butuh spiritualitas sebagai ruh untuk menjalankan tugasnya.

Oleh karena itu, agama menjadi kebutuhan. Sebaliknya, agama perlu negara agar keberadaannya tidak di awang-awang. Agama harus juga diimplementasikan di kalangan umat.

“Agama tidak hanya difasilitasi, tapi perlu proteksi. Maka, hubungan saling mengontrol, karena negara bisa eksesif bertindak di luar batas sehingga perlu tokoh agama untuk mengontrol dan mengimbangi,” imbuhnya lagi.

Hadir dalam pembinaan ini antara lain Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta kepala Kanwil Kementerian Agama dari seluruh wilayah di Jateng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com