Warga Heran Ada Biaya Tambahan Ganti STNK dan Pelat Nomor di Samsat Madiun

Kompas.com - 08/12/2016, 19:32 WIB
Suasana loket di Samsat Madiun Kota, Jalan Serayu Timur Nomor 86, Kota Madiun, Jawa Timur. KOMPAS.com/MUHLIS ALAWISuasana loket di Samsat Madiun Kota, Jalan Serayu Timur Nomor 86, Kota Madiun, Jawa Timur.
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

MADIUN, KOMPAS.com - Sejumlah warga wajib pajak mengaku kaget dengan adanya pungutan liar untuk pergantian STNK dan pelat nomor kendaraan di Samsat Kota Madiun.

Sesuai aturan pergantian STNK dan pelat nomor lima tahun sekali hanya dikenai biaya Rp 80.000. Kenyataannya, petugas pelayanan menarik biaya Rp 90.000 untuk pengurusan pajak kendaraan bermotor lima tahunan.

Warga tidak mengetahui peruntukan pungutan uang itu karena tidak diberikan kuitansi bukti pembayaran.

"Tidak ada kuitansi setelah kami membayar Rp 90.000. Kami membayar uang itu untuk pajak sepeda motor lima tahunan," ujar Irfan, warga Pandean, saat di loket pengambilan tanda nomor kendaraan bermotor Kantor Samsat Kota Madiun, Kamis (8/12/2016) siang.

Usai membayar di loket satu, Irfan tidak mendapatkan penjelasan peruntukan pungutan uang Rp 90.000. Ia hanya diminta membayar Rp 90.000 setelah menyerahkan berkas.

Selain Irfan, Ade Kusnan dan Rudi Setioko serta wajib pajak lain juga mengalami hal yang sama. Mereka tidak mendapat penjelasan tentang biaya tambahan Rp 10.000.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Polri, biaya STNK roda dua dan tiga bukan kendaraan umum sebesar Rp 50.000.

Adapun biaya tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat nomor untuk kendaraan yang sama sebesar Rp 30.000. Jadi biaya pengganti blangko STNK dan pelat nomor lima tahun sekali sebesar Rp 80.000.

Bendahara Penerimaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) STNK dan TNKB Samsat Madiun Kota Aiptu Suliswati mengatakan, tambahan biaya Rp 10.000 itu sebagai tambahan untuk pembelian meterai.

Pembelian materai 6.000 seharga Rp 7.000. Adapun sisa Rp 3.000 untuk biaya jasa petugas. Materai digunakan pada surat kuasa bagi pembayar pajak yang diwakilkan kepada orang lain.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X