Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geledah Kantor Disdik Madiun, KPK Sita Dokumen Pembangunan Sekolah

Kompas.com - 24/11/2016, 20:56 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Sejumlah anggota Tim Penyidik KPK menggeledah Gedung Graha Adi Wijaya, Komplek Perkantoran Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Madiun, di Jalan Mastrip 21, Kota Madiun, Kamis (24/11/2016).

Di kantor itu, KPK menyita tiga bendel dokumen Pembangunan Sekolah tahun anggaran 2009-2016 sebanyak 24 sekolah dengan nilai puluhan miliar rupiah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Sutoyo Irianto yang dikonfirmasi usai penggeledahan, Kamis sore membenarkan adanya penggeledahan oleh KPK di kantornya siang itu. Dokumen yang disita KPK sama sekali tidak terkait dengan proyek pasar besar Kota Madiun.

"Ada tiga bendel dokumen yang dibawa KPK. Dokumen itu terkait pembangunan fisik di sejumlah Kota Madiun sejak tahun 2009 hingga 2016," kata dia.

Sutoyo menuturkan, ada dua ruangan yang digeledah KPK yakni ruangan Bagian Keuangan dan ruangan Kepala Dinas Pendidikan. Dari dua ruangan itu, KPK menyita dokumen pembangunan fisik 24 sekolah di Kota Madiun.

Ia menambahkan Tim Penyidik KPK hanya meminta sejumlah data dan tidak memeriksa pegawai. Ia menduga, data dan dokumen yang diminta KPK terkait dengan penahanan Wali Kota Bambang Irianto. 

Informasi yang dihimpun, Tim Penyidik KPK juga menggeledah kantor Bappeda, Inspektorat, Bakesbangpol, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com