Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Sudah Dua Kali Pesawat Gagal Mendarat di Bandara Rembele

Kompas.com - 18/11/2016, 06:17 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

BENER MERIAH, KOMPAS.com - Selama bulan November, sudah dua kali pesawat Wings Air ATR 72 gagal mendarat di Bandar Udara Rembele Takengon, Bener Meriah, Aceh.

Cuaca buruk kerap menyelimuti daerah itu sehingga pesawat jenis ATR 72 dari Bandara Kualanamu, Medan, gagal mendarat di bandara baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret lalu tersebut.

Kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Bandara Rembele Yan Budianto mengatakan, kegagalan pertama terjadi pada 7 November 2016 pada sebuah pesawat dari Medan.

"Tapi saat mau mendarat, pilot memutuskan kembali lagi ke Medan karena saat itu cuaca buruk disini," kata Budiyanto, Kamis (17/11/2016).

Ia mengatakan, alat bantu pendaratan yang terdapat di Bandara Rembele masih bersifat nonpresisi dengan jarak pandang minimal 5 kilometer.

"Kebetulan saat itu Air Traffic Controller (ATC) memberikan di bawah 2 kilometer, sehingga pilot memutuskan kembali lagi ke Medan," kata dia.

Pada hari yang sama, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Sudarmo juga gagal mendarat di Rembele.

Waktu itu Sudarmo berencana mengunjungi Bener Meriah dengan menumpang pesawat dari Banda Aceh.

Pesawat yang ditumpanginya beberapa kali berputar-putar di atas Bandara Rembele.

"Namun akhirnya tidak bisa mendarat karena jarak pandang yang tidak memungkinkan," ujar dia. Akhirnya pesawat kembali ke Banda Aceh.

Kejadian berikutnya pada 12 November 2016 ketika pesawat Wings Air dengan kapasitas 72 penumpang tidak jadi terbang dari Bandara Kualanamu Medan karena kondisi cuaca tidak memungkinkan.

"Memang saat itu tidak jadi terbang sebab personel kita sudah menyampaikan bagaimana cuaca di daerah ini, sehingga pesawat itu tidak sempat terbang," kata Budianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com