Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Guru Swasta di Jateng Tolak "Full Day School" karena Tidak Efektif

Kompas.com - 09/08/2016, 13:24 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Gelombang penolakan muncul setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menggagas rencana sistem belajar sehari penuh di sekolah atau full day school.

Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Jawa Tengah menolak rencana itu karena dinilai membahayakan dunia pendidikan.

"Full day school justru membahayakan pendidikan karena secara psikologis dan sosial banyak mudharatnya," kata Ketua PGSI Jawa Tengah Muh Zen Adv di Semarang, Selasa (9/8/2016).

Menurut Zen, dari hasil uji coba penerapan sistem belajar lima hari sekolah di Jateng, sistem seperti itu tidak efektif. Sebanyak 80 persen kegiatan belajar-mengajar tidak efektif dan materi pelajaran yang diberikan pada siswa setelah pukul 13.00 WIB tidak bisa diserap secara maksimal.

Anggota Komisi E DPRD Jateng itu mengatakan bahwa banyak faktor yang harus disiapkan sebelum sistem tersebut diberlakukan.

"Tidak semua orang tua siswa bekerja sebagai PNS atau kantoran, standar pelayanan minimal sarana dan prasarana sekolah juga belum memadai, apalagi transportasi menuju sekolah di desa atau pinggir perkotaan belum mendukung sampai sore," katanya.

Selain itu, kata Zen, penerapan full day school bisa mematikan pendidikan keagamaan sore seperti tempat pendidikan Al Quran. Ia menyarankan agar Mendikbud fokus pada peningkatan kualitas guru karena saat ini masih ada sekitar 40 persen guru belum bergelar S-1 dan persebaran guru PNS pun bermasalah.

(Baca juga Full Day School Tak Berarti Belajar Seharian di Sekolah, Ini Penjelasan Mendikbud)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com